Perkuat Keamanan Laut, Bakamla Segera Punya Markas di Natuna

Penandatanganan kerjasama Bakamla RI dengan Pemkab Natuna
Penandatanganan kerjasama Bakamla RI dengan Pemkab Natuna
Sumber :
  • Bakamla RI

VIVA – Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Natuna terkait sinergitas dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna, Selasa, 12 Oktober 2021.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan secara daring. Kepala Bakamla menyaksikan secara daring di Mabes Bakamla RI Jakarta. Sedangkan Bupati Natuna disaksikan oleh Sestama Bakamla Laksda TNI S. Irawan melaksanakan penandatanganan di Kantor Bupati Natuna.

Seperti diketahui, Natuna yang berada di Kepulauan Riau merupakan salah satu wilayah terluar RI yang berbatasan langsung dengan Vietnam, Kamboja di sebelah utaranya, di sebelah baratnya berbatasan dengan Singapura dan Malaysia

Perairan Natuna juga berada di jalur pelayaran internasional Hongkong, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. Di Laut Natuna Utara ini pula menjadi perairan yang rawan konflik setelah pemerintah Tiongkok mengklaim hampir 90 persen wilayah ini.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia mengatakan penandatanganan nota kesepahaman antara Bakamla dengan Pemkab Natuna ini dilakukan terpisah (desk to desk), tentang sinergitas peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Natuna.  

Menurut Laksdya Aan, sinergi ini merupakan bentuk keseriusan Bakamla dalam upaya mengembangkan dan membangun kekuatan melalui Sistem Peringatan Dini (SPD) dibeberapa titik strategis di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Natuna.

Meskipun secara De Jure Pemkab Natuna tidak memiliki kewenangan di laut, namun peran strategis Pemkab Natuna dalam mendukung penyiapan lahan serta pengakomodasian pemenuhan ruang untuk Bakamla merupakan dukungan yang sangat signifikan.