Damai dengan Sentul City, Status Rumah Rocky Gerung Masih Tanda Tanya

Rocky Gerung
Sumber :
  • Youtube INDY STORIES

VIVA – Konflik lahan antara Rocky Gerung, warga Bojong Koneng dengan pihak PT Sentul City Tbk menemui titik terang. Masing-masing pihak kabarnya bersepakat musyawarah dan menempuh jalur damai untuk mencari solusi sengketa lahan yang terjadi. 

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

"Jadi kita tetap dalam posisi sedang atau proses musyawarah lah dengan pihak Sentul City. Dengan mengendepankan kepentingan warga, dan tidak merugikan kepentingan warga," kata kuasa hukum Rocky Gerung dari Lokataru, Narfindo Ricky, Selasa 12 Oktober 2021.

Salah satu yang tengah dinegosiasikan, kata Narfindo, adalah soal usulan Rocky Gerung kepada Sentul City untuk membuat green village atau kawasan hijau di tanah yang sedang disengketakan. Kabarnya, Presiden Komisaris Sentul City Tbk, Basaria Panjaitan menyambut baik usulan itu.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

"Dari pihak Sentul mau membuat green village/living yang kawasan hijau. Kita menawarkan supaya menjaga kelestarian lingkungan disitu dengan mengedepankan warga asli situ yang akan tinggal disitu. Enggak merugikan warga," ujar Narfindo

Pihak Rocky Gerung telah meminta PT Sentul City menghentikan penggusuran, dan mencari solusi agar tidak mengganggu kelangsungan master plan Sentul City. 

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo

"Kami minta beko-beko dan buldozernya ditarik, itu kita minta ke Sentul, dan Sentul sepakat untuk itu. Kita mengupayakan win-win solution dari kedua belah pihak, baik dari kepentingan warga tidak terganggu maupun kelangsungan dari PT Sentul sendiri di kawasan Bojong Koneng," jelasnya.

Langkah terdekatnya, pihak kuasa hukum akan menyusun draft komitmen hitam di atas putih antara para pihak, warga Bojong Koneng, Rocky Gerung dan pihak Sentul City untuk menyelesaikan persoalan ini. "Kita sedang menyusun itu. Kita mempercepat supaya ada nota kesepakatan kesepahaman dari semua pihak," jelasnya.

Ia memastikan Rocky Gerung dan warga Bojong Koneng akan tetap tinggal di lahan rumahnya masing-masing. Selanjutnya, kedua belah pihak akan membahas status lahan warga dan klaim Sentul City Tbk.

"Yang kita permasalahkan adalah status lahan dari Pak Rocky ini apa nantinya. Apakah sentul City akan memberikan hak guna bangunan atau sertifikat ke Rocky dan ke warga atau seperti apa, atau kawasannya akan ditertibkan atau dibuat sedemikian rupa kawasannya oleh Sentul City," ujar Narfindo.

Rocky Gerung berseteru dengan Sentul City.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Setuju Usul Rocky Gerung

Sebelumnya, Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk, Basaria Panjaitan mengklaim bahwa konsep green living usulan Rocky Gerung akan menciptakan keseimbangan lingkungan antara wilayah yang dikembangkan Sentul City dengan masyarakat yang menjadi tetangga Sentul City. Basaria meyakini, keseimbangan lingkungan ini akan melahirkan harmonisasi.

"Saya yakin apa yang ingin kami kembangkan ini sejalan dengan pemikiran para stakeholder yang banyak memberikan input kepada kami, termasuk Bapak Rocky Gerung, yang memiliki pemikiran futuristik terkait bagaimana membangun keseimbangan lingkungan. Konsep kampung hijau yang ramah lingkungan yang digagas Bapak Rocky Gerung sejalan dengan pemikiran kami," kata Basaria dalam keterangan tertulisnya kepada awak media, Selasa, 12 Oktober 2021.

Basaria melanjutkan, konsep yang ditawarkan ini akan terintegrasi dengan pengembangan lingkungan di Sentul City. Untuk itu, Sentul City akan mengalihkan segala sesuatunya, kebijakan dan praktik perusahaan, ke arah green living, sehingga terjadi mutual benefit dengan masyarakat dan lingkungan.

"Semua terintegrasi dalam master plan kami. Konsep green living ini menjadi bagian dari pengembangan bisnis kami ke depan" kata mantan Pimpinan KPK tersebut.

Basaria menambahkan, kehadiran Sentul City harus memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat sekitar. Selain nilai tambah ekonomi dalam bentuk lapangan pekerjaan yang terbuka lebar, juga klaim purnawirawan Irjen Polisi tersebut, peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.

"Ini yang menjadi concern kami bagaimana lingkungan masyarakat, terutama bagi mereka yang benar-benar hidup di sana, tinggal turun-temurun, yang menjadi tetangga kami, bisa merasakan manfaat kehadiran Sentul City. Lebih maju kampungnya. Output-nya kualitas kehidupan masyarakat sekitar kami meningkat," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya