Langsung Minta Maaf, Kapolda Banten Dinilai Punya Kepekaan

Seorang mahasiswa kejang-kejang dalam aksi unjuk rasa di Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia merespons gerak cepat Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto yang meminta maaf atas ulah brutal oknum polisi terhadap seorang mahasiswa. Oknum polisi itu melakukan tindakan represif saat penanganan aksi unjuk rasa peringatan HUT Kabupaten Tangerang ke-389.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

“DPP KNPI mengapresiasi langkah cepat Kapolda Banten Irjen Rudy Heryanto yang sigap mengunjungi dan minta maaf pada orang tua dan mahasiswa MFA yang dibanting oleh oknum polisi,” kata Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama, Rabu, 13 Oktober 2021.

Brigradir NP, polisi yang membanting mahasiswa saat demo minta maaf

Photo :
  • VIVA/Sherly
10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

Haris mengatakan sikap Kapolda Banten Irjen Rudy Heryanto mencerminkan kepekaan pimpinan Polri atas peristiwa tersebut. Karena, sejatinya polisi adalah pengayom yang menjamin ketertiban dan keamanan bagi masyarakat.

"Konsep pendekatan dan perlakuan humanis kepada masyarakat yang digaungkan dalam visi Polri Presisi, juga tercermin di dalam Irjen Rudy," kata Haris.

Cekcok dengan Istri, Seorang Pria di Surabaya Banting Bayinya yang Berusia 6 Hari

Baca juga: Polisi Banting Mahasiswa, Bupati Tangerang dan Kapolda Minta Maaf

Dia menambahkan langkah Kapolda Irjen Rudy Heriyanto sangat santun dan berwibawa. Menurutnya, ini contoh yang sangat baik buat Kapolda sebagai pimpinan di institusi kepolisian Banten.

Sebelumnya, Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto, menyampaikan permohonan maafnya atas tindak kekerasan yang dilakukan oleh Brigadir NP kepada mahasiswa Tangerang dengan inisial MFA (20).

Tindak kekerasan oleh anggota polisi itu terjadi saat pengamanan aksi unjuk rasa di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa, dalam rangkaian HUT Kabupaten Tangerang, Rabu, 14 Oktober 2021.

Permintaan maaf Kapolda Banten diunggah oleh akun resmi instagram @polreskotatangerang. Dalam unggahannya, tampak korban MFA duduk bersebelahan dengan orang tuanya.

Kemudian di hadapannya, duduk Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro, dan Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya