KPK Buka Kasus Dugaan Korupsi di PT Antam

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri.
Sumber :
  • Humas KPK

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka penyidikan baru terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait kerja sama pengolahan anoda logam antara PT Aneka Tambang (Antam) dengan PT Loco Montrado tahun 2017.

Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Namun, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, lembaga antirasuah belum bisa menjabarkan lebih lanjut soal konstruksi perkara, pasal yang disangkakan, hingga identitas pihak-pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Hal ini akan kami sampaikan secara rinci ketika dilakukan upaya paksa penangkapan ataupun penahanan para tersangka," kata Ali Fikri kepada awak media, Rabu malam, 13 Oktober 2021.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Bendera setengah tiang di depan kantor KPK

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

KPK berharap publik dapat ikut serta mengawasi proses penyidikan perkara ini. Ali memastikan KPK akan menyampaikan setiap perkembangan penyidikan perkara kepada publik sebagai wujud transparansi kinerja KPK.

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam

Hingga saat ini, kata Ali, Tim Penyidik masih terus melengkapi serta mengumpulkan alat bukti dengan melakukan pemeriksaan sejumlah saksi.

"Serta upaya paksa penggeledahan dan penyitaan berbagai barang bukti di beberapa lokasi, seperti di Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat," imbuh Ali.

Punya Bukti

KPK juga mengatakan sudah mengantongi sejumlah bukti terkait kasus tersebut. Bukti itu ditemukan setelah penyidik menggeledah beberapa lokasi.

"Upaya paksa penggeledahan dan penyitaan berbagai barang bukti di beberapa lokasi, seperti di Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat," kata Ali Fikri.

Ali belum dapat memerinci barang-barang yang disita sebagai bukti itu. Namun, barang-barang itu menguatkan tudingan KPK terkait dugaan korupsi dalam kasus ini.

Ali juga menyebut pihaknya sudah memeriksa beberapa orang yang diduga mengetahui dugaan korupsi itu. Pemeriksaan saksi bakal dikebut ke depannya.

"Hingga saat ini tim penyidik masih terus melengkapi dan mengumpulkan alat bukti," kata Ali.

KPK telah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Namun, Lembaga Antikorupsi enggan membeberkan nama-nama pihak yang dijadikan tersangka. Pihak-pihak yang dijadikan tersangka akan dibeberkan saat penahanan. Masyarakat diminta bersabar.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya