Militer Indonesia Terkuat di Asia Tenggara, DPR: Bukti Kinerja Prabowo

HUT TNI ke 76, TNI Gelar Pameran Alutsista di Depan Istana
HUT TNI ke 76, TNI Gelar Pameran Alutsista di Depan Istana
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto telah membuktikan kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan RI. Di bawah Prabowo, kata dia, kekuatan militer Indonesia berada di peringkat teratas di kawasan Asia Tenggara.

Klaim itu berdasarkan halaman utama Global Firepower, yang merupakan situs pemeringkat militer dunia pada Rabu, 13 Oktober 2021. Dimana Indonesia menempati posisi ke 16 dari 140 negara di seluruh dunia pada tahun 2021. Tapi untuk wilayah Asia Tenggara, Indonesia di posisi pertama.

Kekuatan militer Vietnam menempati urutan kedua terbaik di ASEAN. Kemudian, kekuatan militer Thailand berada di urutan ke-3, Myanmar di posisi ke-4, Singapura berada di peringkat ke-5, Malaysia berada di peringkat ke-6, Filipina berada di peringkat ke-7, Kamboja berada di peringkat ke-8, dan Laos di urutan ke-9.

"Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan di bawah Prabowo Subianto di saat yang sama juga terus melakukan upaya modernisasi alutsista, juga berupaya memperbesar dan memperkuat TNI melalui pembentukan komponen cadangan TNI yang ditetapkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu," kata Dasco, Kamis, 14 Oktober 2021.

Presiden Jokowi di Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021

Presiden Jokowi di Upacara Penetapan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2021

Photo :
  • Tangkapan Layar/ Eduward Ambarita

Kekuatan Militer Indonesia Serupa Negara Maju

Menurut Dasco, kekuatan militer Indonesia memperoleh skor sebesar 0,2684 poin dari Global Firepower. Dengan jumlah angka tersebut, artinya kekuatan militer Indonesia hampir serupa dengan kekuatan militer negara maju.