Ketua KPU Jamin Tak Ada Lagi Pejabatnya yang Korupsi

Ketua KPU Ilham Saputra.
Sumber :
  • VIVA/ Agus Rahmat.

VIVA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berjanji bahwa kasus korupsi tidak akan terulang lagi di lembaganya. Terlebih menjelang Pemilu 2024.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

KPU menjamin kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) yang menyeret mantan Komisionernya Wahyu Setiawan menjadi yang terakhir dan tak akan terulang.

"Kami tidak ingin ada kejadian-kejadian seperti itu terulang kembali di KPU," kata Ketua KPU Ilham Saputra di kantor KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Oktober 2021.

Gibran Ingin Bertemu Semua Lawan Politiknya, Ganjar Bilang Selalu "Open House"

Ilham menuturkan, untuk menutup celah rasuah, KPU mendatangi KPK untuk mengikuti program penguatan antikorupsi untuk penyelenggara negara berintegritas (Paku Integritas). Program itu diharap dapat menguatkan integritas jajarannya dari sikap koruptif saat bekerja pada Pileg 2024.

Tindakan korupsi juga dijamin tidak akan ada di KPU pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ilham berharap program penguatan integritas dari KPK itu manjur untuk jajaran KPU. Jajaran KPU juga sudah mengetahui rambu-rambu korupsi usai menyambangi KPK.

Bertemu Megawati, Ganjar Tegaskan Putusan PHPU Momentum Kembalikan Marwah MK

"Jadi, dijelaskan apa yang kemudian menjadi gratifikasi itu apa kemudian kita kaitkan dengan pengalaman kita di KPU terkait dengan potensi-potensi terjadinya korupsi," kata Ilham.

Ilham juga mengungkapkan bahwa KPK mengajak pasangan tiap pejabat di KPU dalam program penguatan integritas itu. Ajakan pasangan itu dilakukan untuk menguatkan sikap antikorupsi dari keluarga.

"Masing-masing juga membawa pasangan agar dipahami masing-masing agar tidak ada upaya-upaya atau keinginan untuk melakukan tindak pidana korupsi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya