Kumpulkan Eselon I, Halim Bahas Monitoring dan Evaluasi Persoalan Ini

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Sumber :
  • Didi-Kemendes PDDT

VIVA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengumpulkan pejabat eselon I Kemendes PDTT. Halim memimpin rapat untuk membahas beberapa persoalan seperti Dana Desa.

Dia menjelaskan agenda utama rapat pada Kamis kemarin, 14 Oktober 2021 adalah membahas monitoring dan evaluasi dana desa serta daily report pendamping desa. Ia menyampaikan agenda ini penting dibahas karena Kemendes PDDT pada 2022 harus mempunyai forum untuk memantau seluruh pelaporan sistem kegiatan pendamping desa.

“Maksud saya, karena data kita (Kemendes PDTT) ini data besar dan di situ ada by name by addres. Kita berkewajiban untuk memproteksi. Jangan sampai kemudian ada masalah," kata Halim, dalam keterangannya yang dikutip pada Jumat, 15 Oktober 2021.

Menurut dia, bila pendamping desa melaporkan baik secara monitoring evaluasi dana desa maupun daily report maka akan diketahui pergerakan di desa. Dengan demikian, bisa diketahui pendamping yang aktif menyampaikan laporan sehari-hari.

Maka itu, Halim bilang Kemendes PDTT akan terus coba update data real time oleh desa. Pun, dari situ akan terlihat jumlah desa yang sudah melakukan update data secara real time.

"Dari data tersebut bisa dilihat, desa yang datanya statis akan bisa kita cek. Jika tidak ada dinamika data sama sekali. Nah, itu akan terpantau," sebutnya.

Sebelumnya, Halim berharap agar jumlah anggaran dana desa tahun 2022 tak mengalami penurunan yakni tetap sekitar Rp72 triliun. Ia mengatakan demikian karena imbas pandemi, jumlah kemiskinan meningkat.