Puan: Jangan Ada Kompromi Terhadap Aturan Karantina

Ketua DPR Puan Maharani saat meninjau vaksinasi di Pasar Ikan Modern Muara Baru.
Ketua DPR Puan Maharani saat meninjau vaksinasi di Pasar Ikan Modern Muara Baru.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA - Ketua DPR, Puan Maharani, mengingatkan agar aturan karantina bagi siapapun yang baru datang dari luar negeri dijalankan secara tegas. Ia meminta Satgas Penanganan COVID-19 bersama instansi-instansi terkait mengantisipasi terjadinya pelanggaran protokol kesehatan oleh pelaku perjalanan internasional.

“Karantina bagi siapa saja yang memasuki wilayah Indonesia dari luar negeri, baik itu WNI maupun WNA, wajib dilakukan. Jangan ada kompromi terhadap aturan karantina orang yang baru saja melakukan perjalanan internasional,” kata Puan, Jumat, 15 Oktober 2021.

Ketua DPR Puan Maharani bersama Kapolri dan Panglima TNI.

Ketua DPR Puan Maharani bersama Kapolri dan Panglima TNI.

Photo :
  • Dok. DPR.

Puan mengatakan semua yang datang ke Indonesia dari luar negeri wajib melakukan karantina berdasarkan aturan Satgas Penanganan COVID-19. Dia pun menilai berbagai kejadian pelanggaran karantina sebagai persoalan serius.

“Kita ketahui ada sejumlah kasus pelanggaran karantina yang terjadi belakangan ini. Saya berharap Satgas COVID-19 melakukan pengawasan lebih maksimal agar tidak ada lagi yang lolos dari kewajiban karantina usai perjalanan dari luar negeri,” katanya.

Baca juga: Bali Mau Dibuka Lagi, Puan Berharap Ekonomi Rakyat Menggeliat

Puan mengingatkan aturan karantina perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus COVID-19. Untuk itu, ia meminta kesadaran bersama agar disiplin menerapkan aturan tersebut.