Sulap TPS Jadi Destinasi Setigi, Halim Saluti Pemdes Sekapuk

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDDT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan pentingnya kreativitas dan inovasi untuk percepatan pembangunan desa. Dengan inovasi, bisa mendongkrak sumber pendapatan desa.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Dia salut dengan kinerja pemerintah desa atau pemdes Sekapuk, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang mampu menyulap tempat pembuangan sampah atau TPS jadi destinasi wisata yang menarik yaitu Setigi. 

“Salut atas kreativitas dan inovasi dari perangkat, warga desa Sekapuk yang mampu melihat peluang dan potensi wilayah mereka. Bekas galian tambang dan tempat pembuangan sampah (TPS) bisa berubah jadi destinasi wisata yang bisa menjadi sumber pendapatan desa," kata Halim, dalam keterangannya, yang dikutip pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Intip Cerita Desa Ibru Muaro Jambi, Pemenang Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar

Photo :
  • Istimewa

Menurutnya, desa-desa di Tanah Air diharapkan bisa belajar mengembangkan potensi kreativitas dan inovasi pariwisata berbasis alam. Ia bilang, potensi tersebut belum diolah karena minimnya kreativitas dan inovasi. 

Gempa Susulan Masih Terus Muncul, Jumlah Pengungsi di Pulau Bawean Kian Bertambah

"Ini yang selalu saya katakan, kalau mau membuat desa wisata, buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur. Ini sampai anak cucu kita masih senang karena alami," jelasnya.

‘Dia menyebut, Sekapuk sebagai desa wisata yang bisa jadi acuan contoh desa-desa lainnya di Indonesia. Keunggulan Sekapuk bisa mengembangkan wilayahnya jadi keindahan alam tapi tetap menjaga kearifan lokal. 

Pun, ia menekankan, dengan kemampuan manajemen pengelolaan pemdes, Sekapuk berhasil memiliki destinasi sekelas Setigi yang kini jadi sumber pemasukan bagi kas desa. Ia tak ragu agar desa lainnya bisa belajar dari Sekapuk.

"Saya mengajak semua warga desa, sahabat desa untuk datang ke sini. Baik itu aparat desa pengurus BUMDes, pengelola desa wisata," tuturnya.

Untuk diketahui, Setigi menjadi destinasi yang awalnya dibangun dari bekas galian tambang batu kapur dan TPS. Kini lokais tersebut disulap jadi destinasi wisata yang indah dan instagramable.  

Dengan kreativitas dan inovasi, kini Setigi menjadi salah satu primadona wisata favorit di Jatim. Dengan Setigi, Desa Sekapuk sudah bisa meraup laba bersih Rp9,9 miliar dalam setahun.

Halim dalam kesempatan itu, juga meninjau pembangunan desa wisata kedua milik Desa Sekapuk yaitu Agrowisata Kebun Pak Inggih atau KPI. Di lokasi itu terdapat Monumen Ratu Agro yang baru diresmikan Pemdes Sekapuk. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya