Sulap TPS Jadi Destinasi Setigi, Halim Saluti Pemdes Sekapuk

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDDT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan pentingnya kreativitas dan inovasi untuk percepatan pembangunan desa. Dengan inovasi, bisa mendongkrak sumber pendapatan desa.

Dia salut dengan kinerja pemerintah desa atau pemdes Sekapuk, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang mampu menyulap tempat pembuangan sampah atau TPS jadi destinasi wisata yang menarik yaitu Setigi. 

“Salut atas kreativitas dan inovasi dari perangkat, warga desa Sekapuk yang mampu melihat peluang dan potensi wilayah mereka. Bekas galian tambang dan tempat pembuangan sampah (TPS) bisa berubah jadi destinasi wisata yang bisa menjadi sumber pendapatan desa," kata Halim, dalam keterangannya, yang dikutip pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Photo :
  • Istimewa

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar

Menurutnya, desa-desa di Tanah Air diharapkan bisa belajar mengembangkan potensi kreativitas dan inovasi pariwisata berbasis alam. Ia bilang, potensi tersebut belum diolah karena minimnya kreativitas dan inovasi. 

"Ini yang selalu saya katakan, kalau mau membuat desa wisata, buatlah desa wisata alam karena tidak dibatasi umur. Ini sampai anak cucu kita masih senang karena alami," jelasnya.

‘Dia menyebut, Sekapuk sebagai desa wisata yang bisa jadi acuan contoh desa-desa lainnya di Indonesia. Keunggulan Sekapuk bisa mengembangkan wilayahnya jadi keindahan alam tapi tetap menjaga kearifan lokal.