Inovasi Podcast Desa, Bupati Bogor Sosialisasi Vaksin dan Prokes

Bupati Bogor Ade Yasin menjadi narasumber podcast Desa Bantar Sari
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Pemerintah terus menyosialisasikan vaksinasi dan protokol kesehatan dari berbagai sarana dari mulai media sosial hingga baliho sarana publik lainnya. Salah satunya sarana pada medio 2021 yang tengah digandrungi adalah podcast Youtube. 

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Seperti yang dilakukan Kepala Desa Bantar Sari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Lukmanul Hakim. Mulai banyaknya perhatian masyarakat dengan konten podcast youtube, desa yang menyandang Desa Quran karena banyaknya penghafal quran itu menggagas podcast dialog bagi masyarakatnya.

Salah satunya podcast yang, dihadiri Bupati Bogor Ade Yasin yang didampingi Komite Strategis Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar atau Gus Udin. 

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Dalam podcast ini, menurut Ade, program pemerintah menyosialisasikan program Vaksinasi, hingga mengajak mematuhi Protokol Kesehatan mencegah penularan virus COVID-19 dengan saling mengingatkan mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi. 

"Vaksinasi sudah 40 persen di Kabupaten Bogor dan saya kira ini terbesar karena penduduk kabupaten terbanyak. Jadi sudah 1,8 juta penduduk tinggal sisannya mudah-mudahan selesai sampai desember. Targetnya 4,2 juta atau 70 persen," jelas Ade Yasin.

Bobon Santoso Menangis Sesenggukan Usai Ceritakan Mengenai Papua

Ade menilai, podcast di Desa Bantarsari, merupakan satu-satunya desa yang punya podcast di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini menjadi contoh di era digitalisasi ini sedang menggerakan desa untuk menjadi smart village yang melek teknologi. 

"Kami juga ada program kelompok informasi masyarakat (KIM) ini lah salah satu contoh pilot project. Ini saya kira langkah yang smart karena saat ini menjaring anak-anak muda lagi ngehits podcast dan Podcast ini menyasar kalangan milenial yang lagi hits dan mengena juga dalam sosialisasi vaksinasi dan protokol kesehatan," kata Ade, namun sosialisasi yang tidak pernah putus dilakukan pemerintah kepada Manula dan orang dewasa.

Penggagas Podcast Desa, Kepala Desa Bantarsari Lukmanul Hakim, ke depannya podcast ini mengundang narasumber Tanah Air baik akademisi maupun praktisi untuk menyikapi isu terkini. Menurutnya, masyarakat desa berhak mendapat edukasi, penjelasan hingga pengetahuan yang sedang berkembang saat ini.

"Ini sangat membantu terutama dengan vaksinasi dan imbauan protokol kesehatan, dan kita share kepada masyarakat dan ini memberikan dampak sehingga masyarakat mendapatan informasi," jelasnya. 

Dalam podcast ini juga disampaikan, sebanyak 7.000 warga Desa Bantarsari 7000 sudah teredukasi vaksinasi dan Protokol Kesehatan. Hasilnya, warga yang mengikuti vaksinasi meningkat dari 30 persen menjadi 65 persen. 

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya