Vaksinasi Sudah 90 Persen, Pemkot Malang Siapkan Vaksin Booster

Wali Kota Malang, Sutiaji.
Wali Kota Malang, Sutiaji.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – Vaksinasi pencegahan COVID-19 di Kota Malang sudah menyentuh angka 90 persen. Ditargetkan, seluruh warga Kota Malang 100 persen tervaksin dosis satu dan dua sebelum akhir tahun 2021. 

"Sudah 90 persen ya, untuk lansia juga sudah di atas 50 persen. Target akhir tahun ini 100 persen warga Kota Malang sudah divaksin," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Sabtu, 16 Oktober 2021. 

Sutiaji mengatakan, setelah vaksinasi dosis satu dan dua menyentuh angka 100 persen. Pemkot Malang akan melanjutkan dengan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi masyarakat. Sejauh ini vaksinasi booster baru diperuntukan bagi tenaga kesehatan saja. 

Sutiaji mengungkapkan, bahwa sudah ada ada instruksi dari pemerintah pusat untuk vaksinasi dosis ketiga. Tujuannya untuk memperkuat herd immunity sebagai antisipasi datangnya gelombang ketiga penyebaran COVID-19. 

"Sudah ada instruksi dari pemerintah pusat. Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa ada 24 juta vaksin yang disiapkan. Untuk penguatan di tingkat masyarakat. Herd immunity kami kuatkan dan info sekarang kan juga ada gelombang ketiga COVID-19 juga. Ini adalah untuk mengantisipasi itu semua," ujar Sutiaji. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga mereka masih menunggu regulasi dari Kementerian Kesehatan. Mereka tak mau mendahului sebelum ada petunjuk teknis terkait vaksinasi booster.

"Terkait itu kami masih menunggu regulasinya dari Kementerian Kesehatan. Siapa saja sasarannya menunggu regulasi," tutur Husnul.