Maju Ketum NU, Gus Yahya Klaim Didukung 80 Persen PWNU se-Indonesia

Gus Yahya (kanan) usai pertemuan dengan PWNU dan PCNU se Jawa Timur di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal.

VIVA - Kandidat Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya, mengaku sudah mendapatkan dukungan sekitar 80 persen dari seluruh Pengurus Wilayah NU (PWNU) dan Pengurus Cabang NU (PCNU) yang ada. Pada Muktamar ke-34 di Lampung 23-25 Desember nanti, perwakilan dari PWNU dan PCNU lah yang memiliki hak untuk memilih Ketum NU.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

“50 persen [PWNU-PCNU yang mendukung] kelihatannya sudah lebih. Mungkin sekarang sudah hampir 80 persen,” kata Gus Yahya usai melakukan pertemuan dengan PWNU dan PCNU se Jatim di kantor PWNU Jawa Timur di Jalan Masjid Al Akbar Surabaya pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Gus Yahya melakukan pertemuan dengan PWNU dan PCNU se Jatim di kantor PWNU Jatim

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal.
Beredar Foto Sempat Bertemu PM Israel Netanyahu, Gus Yahya: Pertemuan Diplomatik

Selain Jawa Timur, kakak dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, itu menyebut beberapa PWNU yang sudah berkomunikasi dan mendukungnya maju sebagai calon Ketum NU.

“[PWNU] Jawa Tengah sudah menyatakan hal yang sama, ada dari Sumatera Selatan, dari Bengkulu, dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dari Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan,” ujar Gus Yahya.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Baca juga: Gus Yahya Gelar Pertemuan dengan PWNU dan PCNU se-Jatim

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar mengatakan bahwa kehadiran Gus Yahya dalam pertemuan gabungan PWNU dan PCNU se Jatim adalah tindaklanjut dari pertemuan pekan sebelumnya yang sudah sepakat mendukung KH Miftachul Akhyar untuk didukung menjadi calon Rais Aam NU dan Gus Yahya sebagai calon Ketum NU.

“Sekarang menindaklanjuti, menyelaraskannya, membuat padu dengan cabang-cabang se Jawa Timur. Sedianya seluruh cabang harus hadir, tapi ada yang uzur. Seperti [PCNU] Bawean kalau ombak besar tidak bisa hadir ke sini. Lalu juga dari [PCNU Pulau] Masalembu dan Kangean [di Kabupaten Sumenep],” ujarnya.

Gus Yahya melakukan pertemuan dengan PWNU dan PCNU se Jatim di kantor PWNU Jatim

Photo :
  • VIVA/ Nur Faishal.

Selain Gus Yahya, figur kuat yang akan maju sebagai calon Ketum NU ialah KH Said Aqil Siradj, Ketum PBNU saat ini. Dia sudah menyatakan bakal maju kembali dan sudah safari ke sejumlah pesantren meminta restu ke para kiai sepuh, termasuk para kiai di Jatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya