Menteri Yaqut: Seleksi Tilawatil Quran Bukan Hajatan Hura-hura

Pembukaan Sileksi Tilawatil Quraan Nasional ke-26 di Sofifi
Sumber :
  • tvOne / Ifan Gusti

VIVA – Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka Seleksi Tilawatil Quran Nasional ke-26 di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara, Sabtu malam 16 Oktober 2021.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Menag dalam sambutan menyatakan terselenggaranya (STQ) Nasional di Maluku Utara lantaran daerah tersebut memiliki  nilai historis peradaban Islam di Nusantara. STQN ke-26 diharapkan dapat merawat Islam dan mewarnai keragaman bangsa Indonesia.

"STQN bukan merupakan hajatan yang bersifat hura-hura atau gengsi bahkan untuk meraih keuntungan, tapi STQ adalah langka kita untuk mengenalkan dan mendekatkan Alquran kepada masyarakat luas," ujar Menag.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Sementara Gubernur Maluku Utara mengatakan dengan pelaksanaan STQ Nasional di Sofifi ini menjadi benteng pelindung umat dari Pandemi COVID-19 yang sekarang melanda Indonesia.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam acara tahlil nasional.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah
PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

" STQN ini di saksikan oleh para malaikat sehingga bangsa ini bisa diangkat dari cobaan berat seperti Covid-19 yang saat ini terjadi," tandas Abdul Gani.

STQN di Sofifi diikuti sebanyak ratusan Khafilah terbaik dari 34 Provinsi di Indonesia.

STQN digelar dua tahun sekali untuk memilih para juara yang akan bertanding pada ajang MTQ dan selanjutnya akan mewakili Indonesia pada MTQ Internasional.

Pada STQ sebelumnya di langsungkan di Kota Pontianak, di mana DKI Jakarta keluar sebagai juara umum, disusul Provinsi Banten dan Sumatera Utara masing-masing sebagai juara kedua dan ketiga.

 Ifan Gusti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya