PDIP Sebut Capaian Piala Thomas akibat Energi Positif Jokowi

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Piala Thomas 2020
Sumber :
  • Instagram: badminton.ina

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyampaikan selamat dan apresiasi kepada para atlet dan ofisial bulutangkis Indonesia yang berhasil merebut kembali gelar paling bergengsi kejuaraan bulutangkis dunia, Thomas Cup. Thomas Cup disebut ajang bergengsi dunia untuk tim regu pria apalagi tahun ini mengembalikan trofi itu ke Tanah Air setelah 19 tahun puasa gelar.

PKB Tepis Spekulasi soal Titipan Salam dari Jokowi kepada Cak Imin sebagai Godaan

“Luar biasa. Begitu membanggakan. Bulutangkis terbukti menjadi lambang supremasi keuanggulan olah raga Indonesia di tingkat dunia. Selamat, sangat mengharukan, Piala Thomas kembali lagi ke Indonesia," tulis Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Senin, 18 Oktober 2021. 

Kemenangan tim bulutangkis Indonesia setelah mengalahkan regu Tiongkok di Aarhus, Denmark, sungguh sangat membanggakan. Kebanggan itu terlihat atas perjuangan para pemain Indonesia yang sejak penyisihan hingga laga final menekuk secara telak tim Tiongkok.

Airlangga Sebut Belum Ada Pembicaraan soal Jokowi Bakal Pimpin Koalisi Besar

Kini negara Tirai Bambu itu telah menjadi negara yang sangat pesat maju, menurut Hasto, bukan hanya dari sisi kekuatan ekonomi, tapi salah satunya lewat olahraga. 

Dia memuji kekompakan dan semangat para atlet serta ofisial bagi yang berlaga untuk Thomas maupun Piala Uber.

Airlangga soal 5 Jatah Menteri Wajar, Pakar: Prabowo Akan Berpikir Agar Golkar Nyaman

“Di tengah menguatnya supremasi Tiongkok, tim bulu tangkis Indonesia secara kolektif hadir sebagai satu kesatuan kekuatan gotong royong dan mampu menghadirkan energi perlawanan dengan mentalitet juara. Tidak mudah mengalahkan Tiongkok di tengah rasa percaya diri yang begitu besar, dan Indonesia berhasil menampilkan kepemimpinan bulutangkis sebagai juara dunia,” ujar Hasto. 

“Sekali lagi, selamat kepada seluruh atlet bulutangkis dan tim pelatih Indonesia. Anda semua menjadi pelopor dan ikon pencapaian prestasi bulutangkis Indonesia,” sambung politisi asal Yogyakarta itu.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Piala Thomas 2020

Photo :
  • Instagram: Jonatan Christie

Hasto bilang, keberhasilan tim bulutangkis tidak terlepas perhatian pemerintah Presiden Joko Widodo yang telah memberi energi positif berupa rasa percaya diri sebagai bangsa besar. Gelaran Asian Games, prestasi Olimpiade-Paralimpiade, dan PON Papua, misalnya, menunjukkan besarnya perhatian itu.

Indonesia mengakhiri penantian panjang menjuarai Piala Thomas usai mengandaskan perlawanan China pada Minggu 17 Oktober 2021. Jonatan Christie cs menang dengan 3 laga tanpa balas.  Laga final yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark berlangsung cukup seru di awal. Poin pertama Tim Merah Putih disumbangkan oleh Anthony Sinisuka Ginting.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 berhadapan dengan Guang Zhu dan sukses mencuri poin melalui rubber game, 18-21, 21-14 dan 21-16. Poin kedua didapat melalui nomor ganda putra. Indonesia menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Rian yang menghadapi He Ji Ting/Zhou Hao Dong. Duel ini berjalan mudah, poin didapat lewat kemenangan dua gim langsung.

Di partai pamungkas, Indonesia menurunkan Jonathan Christie. Pemain kelahiran Jakarta ini meladeni Shi Feng. Pebulutangkis muda itu di luar dugaan mampu menandingi Jonathan.

Pria yang sering disapa Jojo ini sampai bermain rubber game meski akhirnya bisa menang 21-14, 18-21 dan 21-14. Kemenangan itu bukan hanya mengulangi catatan gemilang 19 tahun lalu tapi juga mengobati luka Tim Merah Putih dari China.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya