Jaksa Ungkap Detik-detik 2 Oknum Polisi Tembak Mati 4 Laskar FPI

Briptu Fikri (kemeja putih), terdakwa kasus penembakan laskar FPI
Briptu Fikri (kemeja putih), terdakwa kasus penembakan laskar FPI
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Dua polisi yakni Briptu Fikri Ramadhan dan Ipda M Yusmin Ohorella bersama dengan satu polisi lainnya bernama Ipda Elwira Priadi Z yang telah meninggal akibat kecelakaan, didakwa melakukan pembunuhan dan penganiayaan yang menyebabkan kematian empat laskar FPI dalam tragedi di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek atau dikenal dengan kasus unlawful killing.

"Bahwa akibat perbuatan terdakwa (Briptu Fikri) melakukan penganiayaan secara bersama-sama dengan Ipda M Yusmi Chorella dan Ipda Elwira Priadi Z (Almarhum) mengakibatkan matinya Lutfi Hakim, Akhmad Sofiyan, M. Reza, dan Muhammad Suci Khadavi Putra," kata Jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 18 Oktober 2021.

Dalam surat dakwaan, jaksa menjelaskan, empat anggota Laskar FPI yang tewas dalam penguasaan Briptu Fikri, Ipda Mohammad Yusdin, dan Ipda Elwira Priadi adalah Lutfil Hakim, Akhmad Sofiyan, M Reza, dan Muhammad Suci Khadavi Poetra. Empat laskar FPI tersebut ditembak di mobil Daihatsu Xenia warna silver bernopol B-1519-UTI yang terjadi di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek pada 7 Desember 2020.

"Perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," ujar Jaksa saat membacakan dakwaan primernya di ruang sidang utama.

Jaksa juga membacakan dakwaan subsider kepada para terdakwa. "Perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 351 ayat (3) KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP," ujar Jaksa.

Kronologi Penembakan

Dalam dakwaanya, Jaksa menceritakan kasus bermula saat Ipda Yusmin, Briptu Fikri, dan Ipda Elwira bersama 4 polisi lain diperintahkan memantau pergerakan Habib Rizieq Shihab. Sebab saat itu Habib Rizieq tidak hadir memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan.