Percepat Transformasi Digital, Begini Ikhtiar Pemerintahan Jokowi

Menkominfo Johnny G Plate
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi terus mempercepat upaya transformasi digital nasional. Ikhtiar ini juga untuk mendukung mewujudkan komunitas digital Asean.

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dalam konferensi pers 'The 20th ASEAN Economic Community (AEC) Council Meeting: Interface Between the AEC Council and the ASEAN Digital Ministers'.

Johnny mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebagai panduan strategis mewujudkan transformasi digital nasional.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

"Pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebagai dokumen panduan strategis demi mewujudkan transformasi digital nasional yang cepat, kuat, dan merata," kata Johnny, dalam keterangannya, Senin, 18 Oktober 2021.

Transformasi digital.

Photo :
  • dynamicCIO.com
Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Dia mengatakan, pemerintah juga terus mendorong penyediaan konektivitas yang memadai dan merata. Hal ini untuk menutup kesenjangan digital dan meningkatkan rasio keterhubungan internet antarwilayah. 

"Akses merata terhadap layanan telekomunikasi yang berkualitas merupakan prasyarat utama dalam mewujudkan transformasi digital," jelas politikus Nasdem itu.

Pun, yang ketiga menurutnya pemerintah menekankan peningkatan nilai dan pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, mesti memperhatikan prinsip kedaulatan seperti menjamin perlindungan data pribadi.  

"Hal tersebut dapat didorong melalui kerangka yang secara spesifik mengatur tentang arus data lintas batas negara yang turut menjamin pelindungan data pribadi," tuturnya. 

Kemudian, Johnny menambahkan, peran Indonesia dalam Forum G20 pada 2022. Menurut dia, momentum itu akan dioptimalkan pemerintahan Jokowi dengan mengangkat tema 'Recover Together, Recover Stronger'.

"Tema ini menggarisbawahi kerja bersama kita dalam membangun momentum pemulihan sekaligus memperkuat ketangguhan melawan pandemi COVID-19 secara jangka panjang," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Johnny menyatakan forum menyepakati dukungan terhadap ASEAN Leaders’ Statement on Advancing Digital Transformation in ASEAN. Menurutnya, pernyataan itu berfokus pada beberapa hal seperti pendalaman kerja sama antar badan sektoral dan pilar komunitas ASEAN untuk transformasi digital yang inklusif serta akseleratif.

Lalu, penguatan kerja sama keamanan siber yang dikoordinasi oleh ASEAN Cybersecurity Coordinating Committee. Kemudian, pengimplementasian ASEAN Digital Masterplan 2025.

Menurut dia, manfaat digitalisasi mesti dioptimalkan demi mendorong pemulihan ekonomi yang lebih cepat dan inklusif.  

"Pemerintah Indonesia terus mendorong kerja sama yang lebih intensif di antara negara-negara sahabat di kawasan Asia Tenggara agar bersama-sama kita dapat mengatasi berbagai tantangan, baik di masa pandemi COVID-19 maupun di masa mendatang," jelasnya. 

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya