Rita Bersaksi Azis Syamsuddin Pernah Beri Amplop ke Penyidik KPK

Rita Widyasari penuhi panggilan KPK
Rita Widyasari penuhi panggilan KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dikatakan pernah memberikan amplop berwarna cokelat kepada mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Patujju. 

Amplop tersebut diserahkan Azis ke Robin saat menemui eks Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari di Lapas Klas II A Tangerang. 

"Lihat sekilas (Azis memberikan amplop ke Robin). Tipis kayak amplopnya kecil. Amplop cokelat bukan dari saya, dari Azis sendiri," kata Rita saat bersaksi dalam kasus suap penanganan perkara dengan terdakwa Robin di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 18 Oktober 2021.

Rita sebelumnya menuturkan, pernah ditemui Azis di Lapas Klas II A Tangerang, pada September 2020. Keduanya merupakan kader Partai Golkar. Rita mengklaim pertemuan tersebut untuk membahas persoalan partai berlambang pohon beringin. 

Saat itu, kata Rita, Azis datang bersama Robin. Di sela-sela pertemuan itu, Azis memperkenalkan mantan penyidik KPK asal Polri itu ke Rita.

"Waktu itu membahas Golkar di Kalimantan Timur. Beliau, Azis, menyampaikan memperkenalkan pak Robin," kata Rita.

Pertemuan tersebut, lanjut Rita, berlangsung di tempat kunjungan tamu tahanan. Rita merupakan terpidana kasus korupsi yang kini tengah menjalani masa hukuman di Lapas Klas II Tangerang