Keren, Kendaraan Taktis yang Digunakan Jokowi Sapa Warga Kaltara

Presiden Jokowi Gunakan Rantis Menyapa Warga di Tarakan, Kalimantan Utara
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo menggunakan kendaraan taktis (rantis), di tengah kunjungan kerjanya di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Kendaraan ini biasanya digunakan oleh militer. 

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Kendaraan yang digunakan adalah P6 ATAV V1 yang dimiliki oleh Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres. Jokowi naik kendaraan tersebut, sembari menyapa masyarakat di Tarakan, Kalimantan Utara. Tidak sekedar menyapa, Kepala Negara juga membagikan baju kepada masyarakat yang menyambutnya di pinggir jalan. 

Dari video yang diunggah Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat disopiri anggota Paspampres. Dalam keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden menggunakan rantis ini karena memang produk dalam negeri. Kini, sedang dalam produksi massal.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Kita tahu bahwa Presiden ingin selalu memperkenalkan produk lokal, mulai dari minuman, makanan, sepatu, jaket, hingga motor custom. Kali ini Presiden memperkenalkan kendaraan serang taktis hasil rakitan dalam negeri, kecuali mesin ya,” jelas Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Presiden Jokowi Gunakan Rantis Menyapa Warga di Tarakan, Kalimantan Utara

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Rantis P6 ATAV V1 ini juga lebih terbuka. Dengan begitu, Jokowi bisa menyapa secara langsung masyarakat, dan masyarakat bisa melihat lebih jelas Presiden mereka. Berbeda apabila yang digunakan mobil sedan biasanya, hanya terlihat jika kaca dibuka dan itupun tidak sepenuhnya. Itupula yang mendasari, lanjut Majyen Tri Budi, kenapa Presiden menggunakan rantis ini.

"Dalam setiap kunjungan kerja ke daerah, Presiden selalu menyapa masyarakat. Namun Presiden merasa bila dari mobil yang biasa digunakan masih terasa ada sekat. Dengan mobil yang agak terbuka, Presiden berharap masyarakat merasakan kedekatan tersebut,” katanya.

Teknologi Rantis Buatan Dalam Negeri

Presiden Jokowi Gunakan Rantis Menyapa Warga di Tarakan, Kalimantan Utara

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Memang tampilan fisiknya terlihat lebih terbuka, Mayjen Tri Budi memastikan bahwa keamanan sangat diperhatikan. Meski terkesan terbuka, tetapi seluruh lapisan dari rantis tersebut anti peluru.

"Bagian depan juga menggunakan kaca anti peluru,” lanjut Mayjen Tri.

Teknologi yang digunakan terbilang sangat canggih. Tidak hanya melindungi dari tembakan. Tetapi mobil ini juga bisa menghindari tembakan, karena mampu mendeteksi arah tembakan dari pihak musuh.

“Teknologi ini dikenal dengan Gunshot Detection System yang dipasang pada bagian belakang P6 ATAV,” jelasnya.

Adapun mobil tersebut memiliki kerangka yang terbuat dari rangka pipa baja mengelilingi mobil tersebut. “Rangka pipa baja untuk melindungi dari benturan jika terjadi kecelakaan,” kata Mayjen Tri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya