Hari Santri Nasional 2021, Kenali Arti dan Filosofi Logonya

Hari Santi Nasional 2021
Sumber :
  • Dok.kemenag

VIVA – Hari Santri Nasional 2021 jatuh pada hari Jumat tanggal 22 Oktober dan setiap tahunnya tema Hari Santri Nasional berbeda-beda. Yuk kenali arti dan filosofinya, lengkap dengan link twibbon..

Prabowo Subianto Bakal Lanjutkan Program Inkubasi Bisnis Pesantren Jokowi

Tema Hari Santri 2021

Hari Santi Nasional 2021

Photo :
  • Dok.kemenag
Komitmen PKS Hormati Kiai Santri, Jazuli: Bukan untuk Kepentingan Politik Jangka Pendek

Melansir dari kemenag.go.id, Peringatan Hari Santri 2021 tahun ini mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga. Tema ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. 

Siaga Jiwa Raga juga merupakan sebuah komitmen seumur hidup santri yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren. 

15.000 Santri Tangerang Kibarkan Bendera Palestina Serukan Perlindungan

Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. 

Maka dari itu, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia. Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. 

Maka, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia. Tema ini menjadi sangat penting di masa pandemi COVID-19 sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa) demi kepentingan Bersama.

Hari santri merupakan momen sakral, dimana jutaan santri selalu merindukan kemeriahannya. Dedikasi santri untuk negeri tidak hanya tentang rohani, namun juga semangat pantang menyerah dan selalu siaga dalam menghadapi masalah dan musibah.

Warna-warni pada logo ini tergambar dari luapan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi kepada negeri dan ilahi robbi.

  • Santri siaga jiwa raga: Dimana semangat perjuangan, dan do'a yang diwariskan para Kiai menjadi inti dari ke-siagaan santri dalam berkhidmah untuk negeri.
  • Sholat: Berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.
  • Sujud: Sebagai ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu.
  • Kebersamaan: Selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka.
  • Semangat: Dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.
  • Berbagi: Berbagi untuk sesama, dan berbagi untuk indonesia.

Twibbon Hari Santri Nasional

Photo :
  • Twibbon/Pendidikan Pesantren

Salah satu cara sederhana untuk memperingati Hari Santri Nasional yaitu dengan mengunggah foto Twibbon dengan caption menarik di media sosial kamu.

Kamu dapat memilih Twibbon foto di website twibonize.com atau anda dapat memilih link Twibbon di bawah ini:

Cara untuk membuat dan menggunakan Twibbon:

  1. Buka browser dan kunjungi situs www.twibbonize.com
  2. Pilih desain Twibbon Hari Santi Nasional yang menarik
  3. Cari Twibbon yang ingin kamu gunakan pada kolom pencarian. Seperti contoh masukkan kata "Hari Santri Nasional 2021". Lalu akan muncul beberapa pilihan Twibbon yang ingin digunakan
  4. Pilih desain Twibbon yang disukai dan ingin digunakan
  5. Klik menu untuk memilih foto yang diinginkan, kemudian klik “Ok”
  6. Atur posisi dan ukuran foto yang akan dimasukkan di Twibbon
  7. Jika sudah memilih sesuai yang diinginkan klik “Selesai”
  8. Klik menu “download” untuk mengunduh foto yang telah diberi Twibbon
     
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya