Klaster COVID-19 Selama PTM di Solo Meluas hingga SMP

Halaman muka gedung SMP Negeri 4 Solo, satu dari beberapa sekolah yang ditemukan kasus penularan COVID-19 selama penyelenggaraan pembelajaran tatap muka.
Halaman muka gedung SMP Negeri 4 Solo, satu dari beberapa sekolah yang ditemukan kasus penularan COVID-19 selama penyelenggaraan pembelajaran tatap muka.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Klaster kasus baru penularan COVID-19 dampak dari kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Solo, Jawa Tengah, kian bertambah. Setelah ditemukan kasus COVID-19 di lima sekolah dasar (SD), kini penularan virus corona itu juga meluas hingga ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP).

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kota Solo Ahyani mengatakan, sejumlah siswa di dua SMP di Solo terkonfirmasi positif COVID-19. Mereka terpapar meliputi SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 4 berdasarkan tes swab secara acak oleh Dinas Kesehatan setempat.

“Ada tambahan SMP 8 dan SMP 4. Rinciannya SMPN 8 ada 11 siswa yang positif dan SMPN 4 ada satu siswa yang positif,” katanya di Solo, Kamis, 21 Oktober 2021.

Dengan adanya penemuan kasus baru COVID-19 dalam kegiatan PTM, Ahyani memastikan dua sekolah yang siswanya diketahui ada yang terpapar untuk menghentikan kegiatan sekolah tatap muka di kelas. Sebagai gantinya para siswa harus kembali mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring.

“Pokoknya yang terdeteksi (terpapar COVID-19), PTM-nya harus dihentikan dulu dan PJJ (pembelajaran jarak jauh) dulu. Harus diselesaikan dululah kasusnya, baru nanti dibuka. Pokoknya semua yang terkonfirmasi langsung PTM-nya dihentikan,” ujar Ahyani yang juga menjabat Sekretaris Daerah Solo.

Tes secara acak di sejumlah sekolah akan terus dilakukan dan diperluas di sejumlah sekolah yang menggelar PTM meski potensi penularan tidak hanya di sekolah yang menyelenggarakan kegiatan belajar dan mengajar di sekolah melainkan juga di tempat lain.

Dinkes Solo melakukan tes swab kepada puluhan siswa.

Dinkes Solo melakukan tes swab kepada puluhan siswa.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)