PPKM Level 2 di DIY, Aturan untuk Wisata dan Pertunjukan Diubah

Sri Sultan HB X.
Sri Sultan HB X.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVA.

VIVA – Pemerintah pusat menurunkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dari level 3 menjadi level 2.

Menanggapi turunnya level PPKM di DIY ini, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 31/instr/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019 Di DIY. Ingub ini dikeluarkan pada Selasa, 19 Oktober 2021.

Dalam Ingub ini, Sultan HB X resmi mengubah sejumlah aturan, khususnya soal destinasi wisata dan event pertunjukan seni budaya. 

Sultan HB X menuturkan untuk fasilitas umum baik area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen.

"Untuk event seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 50 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi," ujar Sultan HB X.

Sri Sultan Hamengkubuwono X

Sri Sultan Hamengkubuwono X

Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Sementara itu untuk pembukaan destinasi, Sultan meminta agar protokol kesehatan diterapkan dan wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.