Novel Sesalkan Pimpinan KPK Sebut Banyak Taliban di Markasnya

Novel Baswedan
Novel Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyampaikan upaya pelemahan KPK memang dilakukan pimpinan lembaga tersebut. Salah satu alasannya karena ada seorang pimpinan KPK yang menyatakan banyak pegawai taliban di markasnya.

Pernyataan ini disampaikan Novel menyikapi upaya pelemahan KPK, khususnya terkait pemecatan 57 pegawai dengan dalih tak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Oknum pimpinan KPK menyatakan di KPK banyak taliban, ini luar biasa. Ini yang saya dan kawan-kawan terkejut, tiba-tiba ada oknum Pimpinan KPK mengatakan begitu," kata Novel dalam chanel YouTube pribadinya, Kamis, 21 Oktober 2021.

Gedung KPK
Photo :
  • vstory

Gedung KPK

Novel tak menjelaskan secara rinci siapa sosok pimpinan KPK yang mengatakan seperti itu. Dia menuturkan, pernyataan itu bukan tanpa dasar. Sebab, bagian dari 57 pegawai KPK yang disingkirkan di antaranya terdapat pegawai yang memang terlibat dalam proses alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Sehingga semua rapat-rapat ada notulensinya, ada rekamannya dan itu dilakukan dalam akuntabel dan sifat profesionalisme," jelas Novel.

Menurut dia, catatan-catatan tersebut juga telah diperiksa Komnas HAM dan Ombudsman. Dengan demikian, keduanya menilai ada upaya penyelipan asesmen TWK. Bahkan, Komnas HAM telah menyatakan pelaksanaan TWK di KPK melanggar HAM.