Sosok Jenderal yang Jadi Plt Kepala Intel Polri

Mabes Polri
Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Vicky Fajri

VIVA – Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Polri, Inspektur Jenderal Suntana ditunjuk sebagai pelaksana harian Kepala Badan Intelkam menggantikan Komjen Paulus Waterpauw. Sebab, Komjen Paulus diangkat menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"(Penunjukkan) Kabaintel masih dalam proses, pelaksana harian diserahkan Pak Wakabaintelkam," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Sementara Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Ahmad Ramadhan menjelaskan Polri tidak bisa menolak apabila jajarannya diperlukan untuk mengembang tugas negara di luar institusi. Kini, Polri masih menggodok nama pengganti Komjen Paulus sebagai Kepala Badan Intelkam Polri.

Komjen Paulus Waterpauw akan menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri.
Photo :
  • VIVA/Aman Hasibuan (Papua)

Komjen Paulus Waterpauw akan menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri.

"Tentu kalau ada personel Polri yang diminta untuk pengabdian bangsa dan negara, Polri akan memberikan personil yang terbaik," ujarnya.

Diketahui, BNPP adalah lembaga yang dibentuk untuk reorientasi kebijakan pembangunan di kawasan perbatasan. Badan ini beranggotakan 18 kementerian atau lembaga serta 13 gubernur di kawasan perbatasan. BNPP dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.