AMSI Diskusikan Kualitas Media dan Perumusan Agensi

FGD AMSI di Surabaya Tentang Kualitas Media Lokal dan Agensi Periklanan Media
FGD AMSI di Surabaya Tentang Kualitas Media Lokal dan Agensi Periklanan Media
Sumber :
  • AMSI

VIVA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menggelar diskusi terfokus. Menyangkut kualitas media lokal dan agensi periklanan media (Focused Group Discussion (FGD) on Quality Media and Advertising Agency), pada Kamis 21 Oktober 2021, di Surabaya Jawa Timur.

Agenda FGD ini digelar di Kempi Hotel Surabaya. Dilaksanakan secara daring dan juga luring. Kegiatan yang berlangsung sehari penuh tersebut, melibatkan media-media anggota AMSI di Jawa Timur, serta beberapa perwakilan pengurus AMSI wilayah dari Sumatera dan Jawa.

“Diskusi ini dilakukan karena ada mimpi bersama dari anggota AMSI untuk membuat agensi yang akan menjaring klien-klien untuk kesejahteraan para anggota AMSI,” ujar Suwarjono, Wakil Ketua I AMSI Nasional saat memberikan sambutan.

Kondisi pandemi COVID-19 saat ini sangat berdampak pada bisnis media secara umum. Bahkan yang bergerak di sektor digital sekalipun. Tekanan finansial karena pelambatan ekonomi, membuat banyak media melakukan efisiensi hingga penutupan.

Suwarjono juga menyampaikan kondisi ekonomi digital yang tidak menguntungkan media, dengan penguasaan iklan digital hampir 80 persen dinikmati oleh platform teknologi global seperti Google dan Facebook. Sementara hanya sebagian kecil saja yang tersisa untuk media online. Ini yang menjadi pemicu kondisi saat ini.

“Ketidaksiapan media menyikapi kondisi tersebut, mempercepat proses kebangkrutan industri media lokal. Pandemi mempercepat runtuhnya banyak media lokal di Indonesia,” ujarnya.  

Karena itu ia menyampaikan, AMSI perlu melihat tantangan dan peluang media digital dari aspek bisnis dan bersama-sama membangun strategi bisnis yang diperlukan. Maka saat ini perlu memulai merumuskan sebuah agency periklanan sebagai platform pemasaran bersama dan jembatan media dan pengiklan.