Puan: Santri Punya Banyak Kontribusi Bagi NKRI

Ketua DPR, Puan Maharani.
Ketua DPR, Puan Maharani.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA - Ketua DPR, Puan Maharani, menyatakan bahwa santri merupakan salah satu elemen yang berpengaruh dalam sejarah perjalanan dan pembangunan bangsa, termasuk dalam penanggulangan pandemi COVID-19. Menurutnya, santri harus menjadi pelopor penanggulangan wabah yang sudah melanda Indonesia hampir dua tahun terakhir ini.

“Kita ketahui bagaimana santri punya banyak kontribusi bagi NKRI sejak era perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. Dan peran besar santri bagi negara harus terus dipertahankan,” kata Puan dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Jumat, 22 Oktober 2021.

Santri musiman mengaji kitab kuning. Foto ilustrasi.
Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Santri musiman mengaji kitab kuning. Foto ilustrasi.

Resolusi Jihad

Puan mengatakan penetapan hari santri tak bisa dilepaskan dari perjuangan santri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Puan menyebut semangat Resolusi Jihad oleh para ulama atau kiai pada 22 Oktober 1945 yang dijadikan dasar penetapan HSN harus terus digelorakan.

“Pesantren sebagai tempat menempa ilmu harus menjaga warisan para ulama dan kiai yang dulu mencetuskan Resolusi Jihad melawan penjajah sebagai benteng NKRI,” kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR tersebut.

Baca juga: Kemenag: Pesantren Miliki Potensi Ekonomi yang Sangat Besar