Puan: Santri Punya Banyak Kontribusi Bagi NKRI

Ketua DPR, Puan Maharani.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA - Ketua DPR, Puan Maharani, menyatakan bahwa santri merupakan salah satu elemen yang berpengaruh dalam sejarah perjalanan dan pembangunan bangsa, termasuk dalam penanggulangan pandemi COVID-19. Menurutnya, santri harus menjadi pelopor penanggulangan wabah yang sudah melanda Indonesia hampir dua tahun terakhir ini.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

“Kita ketahui bagaimana santri punya banyak kontribusi bagi NKRI sejak era perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga saat ini. Dan peran besar santri bagi negara harus terus dipertahankan,” kata Puan dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Jumat, 22 Oktober 2021.

Santri musiman mengaji kitab kuning. Foto ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

Resolusi Jihad

Puan mengatakan penetapan hari santri tak bisa dilepaskan dari perjuangan santri untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Puan menyebut semangat Resolusi Jihad oleh para ulama atau kiai pada 22 Oktober 1945 yang dijadikan dasar penetapan HSN harus terus digelorakan.

Hormati Putusan MK, Ganjarist: Pertarungan Pilpres Sudah Selesai Namun Perjuangan Kami Belum

“Pesantren sebagai tempat menempa ilmu harus menjaga warisan para ulama dan kiai yang dulu mencetuskan Resolusi Jihad melawan penjajah sebagai benteng NKRI,” kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR tersebut.

Ilustrasi santri

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Bung Karno Belajar dari Para Ulama

Puan mengingatkan sejarah mencatat perjuangan santri terhadap berdirinya Indonesia. Ia menyebut Proklamator RI Soekarno-Hatta banyak mendapat bantuan dari para ulama di masa kemerdekaan.

“Bung Karno sendiri juga banyak belajar dengan para ulama dan kiai seperti KH Hasyim Asy'ari. Beliau belajar dan berdiskusi tentang ilmu agama, juga ilmu kenegaraan,” kata Puan.

Puan pun berharap semangat perjuangan para santri terdahulu menjadi motivasi bagi santri-santri masa kini dalam memperjuangkan kemajuan Indonesia.

“Banyak tokoh besar nasional lahir dari pesantren. Dan santri sendiri punya peran besar di kehidupan masyarakat, termasuk di sektor perekonomian rakyat,” tutur cucu Bung Karno tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya