Pesawat Kargo Jayawijaya Dirgantara Tergelincir di Bandara Sentani

Pesawat Jayawijaya Dirgantara tergelincir di Bandara Sentani, Jayapura
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Pesawat kargo Jayawijaya Dirgantara dengan kode PK JRB tergelincir di Bandara Sentani, Jayapura pada Jumat, 22 Oktober 2021. Hal ini dibenarkan pihak Angkasa Pura I Bandara Sentani Jayapura.

Pesawat Angkut WNA Tergelincir di Bandara Morowali Hingga Nyangkut di Semak-semak

"Pesawat landing pukul 09.30 WIT dengan rute Wamena-Sentani mengalami incident overun yakni pesawat terbang mendarat dan menyentuhkan roda pendaratnya pada titik yang melebihi jarak maksimal pendaratan di landasan pacu," kata Humas Angkasa Pura I Bandara Sentani, Surya Eka.

Menurutnya, proses evakuasi pesawat Jayawijaya Dirgantara tidak mengganggu operasional Bandara Sentani. Batas runway masih dalam batas aman sepanjang 2.850 meter, sementara lokasi tergelincirnya pesawat berada di ujung runway Bandara Sentani. 

TNI Bantah Panglima Yudo Margono Berada di Pesawat yang Tergelincir di Timika Papua

"Tidak ada korban dan kerusakan pesawat karena dan saat mendarat dengan kondisi pesawat kargo dalam posisi kosong," kata Surya.

Pesawat Jayawijaya Dirgantara berhasil dievakuasi mengunakan alat salvage yang dimiliki oleh Bandara Sentani berupa trackpad pada pukul 12.00 Wib, dan setelah dilakukan pembersihan runway Bandara Sentani beroperasi dengan runway penuh pada pukul 12.50 WIB.

Pesawat TNI AU Tergelincir di Bandara Mozes Kilangin Timika Papua
Mobil taktis TNI AU ditempatkan di Bandara Sentani, Jayapura

Pengamanan di Bandara Sentani Diperketat Jelang Kedatangan Jenazah Lukas Enembe

Aparat TNI-Polri memperketat pengamanan di Bandara Sentani, Jayapura, jelang kedatangan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2023