Wisuda PTNP, Sandiaga: Jadi Agen Perubahan, Jangan Kaum Rebahan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sadam Maulana (Palembang)

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mewisuda 2.696 mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) di Palembang, Jumat, 22 Oktober 2021.

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Menurut Sandiaga, PTNP turut berkontribusi mendukung program pemerintah dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satunya, menyelenggarakan program-program untuk menciptakan mahasiswa dan lulusan di bidang wirausaha.

“Bentuk akselerasi program wirausaha yang telah dilakukan PTNP meliputi memasukan mata kuliah wirausaha ke dalam kurikulum, membangun inkubator bisnis, menyelenggarakan workshop atau seminar kewirausahaan, mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi wirausaha,” ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Sandiaga menjelaskan, enam PTNP di bawah Kemenparekraf/Baparekraf seperti STP NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok, berkolaborasi dan membangun kerjasama dengan beberapa mitra, baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta, organisasi, dan industri untuk mengembangkan program wirausaha.

Menparekraf Sandiaga Uno.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenparekraf.
Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

“Seperti kolaborasi dengan STED, SBM ITB, Universitas Ciputra, Gojek, Inkubator Usaha Lestari (INKURI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), para UKM, dan Himpunan Bisnis atau Himpunan Bisnis Inkubasi Perguruan Tinggi lain,” katanya.

Wirausaha yang tercipta dari mahasiswa lulusan PTNP, kata Sandiaga, turut berkontribusi membuka peluang lapangan pekerjaan baru bagi generasi milenial di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Selama masa pandemik, lulusan PTNP tetap memiliki peluang cukup besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Meski pariwisata menjadi salah satu industri yang terdampak pandemi COVID-19, namun jiwa wirausaha dianggap masih penting untuk ditanamkan bagi generasi muda. Pascalulus dari kampus PTNP, Sandiaga mendorong mahasiswa selalu memberi yang terbaik.

“Wirausaha bukanlah sebuah profesi, melainkan mindset untuk selalu bekerja keras, optimis, inovatif, kreatif, dan memiliki leadership. Jadilah agen perubahan, jangan menjadi kaum rebahan,” katanya.

Wisuda PTNP di bawah Kemenparekraf/Baparekraf digelar secara hybrid di Poltekpar Palembang. Sebanyak 12 wisudawan terbaik mengikuti prosesi wisuda secara offline. Sedangkan sisanya mengikuti kegiatan melalui virtual.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya