Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon Vespa Affinis di Duren Sawit

Ilustrasi evakuasi sarang tawon vespa
Ilustrasi evakuasi sarang tawon vespa
Sumber :
  • VIVAnews / Dani (Bekasi)

VIVA – Petugas damkar evakuasi sarang tawon vespa affinis di rumah warga duren sawit, Jakarta Timur. Evakuasi berlangsung dramatis karena sarang tawon berada di lantai tiga dan lokasinya sangat sempit.

Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur mengevakuasi sarang tawon dari atas plafon genteng rumah warga di Jalan Madrasah II, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Kamis (21/10/2021) sore.

Diketahui bahwa sarang tawon tersebut berada di dekat pemanas air. Pemilik rumah tersebut mengaku kesulitan untuk menjangkaunya sehingga meminta bantuan tim pemadam kebakaran.

Tawon yang bersarang di rumah warga tersebut menurutnya tawon jenis vespa affinis. Tawon jenis ini jika dibiarkan berkembang biak akan sangat berbahaya bagi manusia karena bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat. 

Jika dilihat dari sarangnya, sarang tersebut kurang lebih sudah enam bulan dan populasinya sudah beranak pinak. Ukuran sarang tawon tersebut diketahui sebesar buah labu. Untuk mengevakuasi dengan aman, satu unit mobil light rescue dengan lima personel diterjunkan ke lokasi.

Evakuasi Sarang Tawon Vespa Affinis

Untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut, sebelumnya sarang disemprot dengan cairan bahan bakar, agar tawon keluar dari sarang. Petugas yang mengevakuasi menggunakan baju pelindung untuk menghindari sengatan.