Halim Iskandar: Pesantren dan Santri Penyangga Kualitas SDM Desa

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Sumber :
  • Twitter @halimiskandarnu

VIVA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDDT) Abdul Halim Iskandar menyampaikan pesantren dan santri punya peranan besar dalam menggerakkan ekonomi desa. Menurut dia, pesantren yang sebagian besar berada di desa punya arti penting secara spiritual, sosial.

“Secara kultural pesantren dan desa seperti dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Sebagian besar pesantren-pesantren berada di tengah-tengah desa," kata Halim, dalam keterangannya, Jumat, 22 Oktober 2021.

Dia menilai secara sosial dan spritual, kiai pesantren jadi rujukan utama warga desa saat membutuhkan pandangan. Pun, saat ini, pesantren dianggapnya punya peranan menggerak ekonomi desa.

Halim mengatakan, secara spiritual, pesantren juga jadi pusat kegiatan keagamaan. Sementara, makna sosial pesantren melahirkan tokoh-tokoh agama yang berperan penting di tengah masyarakat. 

“Kalau mau jujur harus diakui jika salah satu kunci kemajuan desa terletak pada peran aktif kiai maupun santri yang bisa bersinergi dengan masyarakat desa," lanjut eks Ketua DPRD Jawa Timur itu.

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar
Photo :
  • Kemendes PDDT

Mendes PDDT Abdul Halim Iskandar

Kemudian, ia menekankan, mulai dekade 1970-an, pesantren jadi pusat inovasi pertanian desa. Ia bilang, saat itu, pesantren bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat bergerak dalam pembangunan desa. Lalu, pesantren kerap jadi tempat yang melahirkan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.