Menguak Alasan Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama ke Hindu

Sukmawati Soekarnoputri mengikuti ritual keagamaan Hindu di Bali
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Putri Presiden Soekarno atau Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah keyakinan dari Islam ke Hindu pada 26 Oktober 2021. Rencananya, upacara tersebut digelar di Balai Agung Singaraja, Bali.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Kepala Sukarno Center di Bali, Gusti Ngurah Arya Wedhakarna menjelaskan alasan Sukmawati kembali memeluk agama Hindu. Menurut dia, Sukmawati memutuskan pindah agama ke Hindu karena mengikuti jejak neneknya atau ibunya Soekarno, Nyoman Rai Srimben.

“Jadi Ibunda Bung Karno kan asalnya Balai Agung agung, seorang wanita Hindu Bali. Beliau pindah agama ini mungkin mengikuti jejak neneknya,” kata Arya saat dihubungi VIVA pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Penghulu dan Penyuluh Dilibatkan Sebagai Aktor Resolusi Konflik Berdimensi Agama

Arya mengaku sudah hampir 19 tahun mendampingi Sukmawati di Bali. Sepengamatannya, Sukmawati memang suka datang ke pura-pura tempat ibadah umat Hindu. Bahkan, sembahyang beliau juga sudah seperti kejawen atau Hindu.

“Beliau juga suka berdiskusi dengan para pendeta,” ujarnya.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Disamping itu, Arya mengatakan Sukmawati memang dalam sejarahnya sudah lama tinggal di Bali. Pada saat zaman Orde Baru, kata dia, beliau sudah tidak asing lagi dengan Bali.

“Selain karena neneknya Bali, beliau tinggal di Bali sejak remaja untuk melatih tari Bali. Jadi saya rasa ini perjalanan yang spiritual cukup lama,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya