Upacara Pindah Agama Sukmawati Dibiayai Sukarno Center Bali

Sukmawati Soekarnoputri (kanan) bersama Ketua NU Jawa Timur, Hasan Mutawakkil Alallah, di Surabaya pada Rabu, 18 April 2018.
Sukmawati Soekarnoputri (kanan) bersama Ketua NU Jawa Timur, Hasan Mutawakkil Alallah, di Surabaya pada Rabu, 18 April 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Putri Presiden Soekarno atau Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah keyakinan dari Islam ke Hindu pada 26 Oktober 2021. Rencananya, upacara tersebut digelar di Balai Agung Singaraja, Bali.

Kepala Sukarno Center di Bali, Gusti Ngurah Arya Wedhakarna mengatakan persiapan acara pindah agama Sukmawati ke Hindu sudah hampir rampung. Menurut dia, kegiatan tersebut ditanggung semua oleh The Sukarno Center Bali.

“Kami dari Soekarno Center Bali diminta oleh Ibu Sukmawati langsung untuk menyiapkan semua teknis. Dari acara ritual, sajen-sajen, mengurus tentang ceremony administrasi dengan pariwisata Hindu. Semuanya disiapkan oleh kami,” kata Arya saat dihubungi VIVA pada Sabtu, 23 Oktober 2021.

Sukmawati Soekarnoputri melakukan ritual di Pura Bali
Photo :
  • Istimewa

Sukmawati Soekarnoputri melakukan ritual di Pura Bali

Menurut dia, kegiatan pindah agama Sukma akan dilaksanakan secara sederhana dan terbatas mengingat situasi masih pandemi COVID-19. Dia mengatakan keluarga Sukmawati kemungkinan akan hadir dalam acara prosesi perpindahan agama tersebut.

Dia menyampaikan anak Sukmawati yang hadir mungkin Gusti Pangeran Haryo Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, Gusti Raden Ayu Putri Agung Suniwati dan Muhammad Putra Perwira Utamamerestui.

“Keluarganya hadir terutama putra-putri beliau, kita mengundangnya terbatas sekali. Kita sampaikan pemberitahuan ke Presiden, sesuai dengan perintah Ibu Sukmawati tapi undangannya terbatas dan prokes, sederhana acaranya,” ujarnya.