Bela Uighur, PB HMI Serukan Boikot Olimpiade Beijing

Ilustrasi aktivis HMI Sumenep Demo BBM dengan Aksi Bakar Motor
Ilustrasi aktivis HMI Sumenep Demo BBM dengan Aksi Bakar Motor
Sumber :
  • Veros Afif/Kabupaten Sumenep

VIVA - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam turut menyerukan boikot olimpiade musim dingin di China. Mereka ikut bersuara mengingat banyak sekali laporan khususnya dari organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) tentang pusat penahanan muslim Uighur di Xinjiang sejak 2017 hingga tahun ini.

“Sudah tidak terhingga lagi laporan yang berisi dokumen, foto, video yang menunjukkan fakta adanya pelanggaran berat HAM di Xinjiang yang patut diduga kuat dilakukan oleh China,” kata Pj Ketua Umum PB HMI, Romadhon JASN, kepada wartawan, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Ormas Islam menggelar aksi demonstrasi bela Uighur di depan Kedubes China.
Photo :
  • VIVAnews/ Bayu Januar.

Ormas Islam menggelar aksi demonstrasi bela Uighur di depan Kedubes China.

Menggema di Dunia

Seruan boikot terhadap even olahraga tersebut kembali menggema di dunia setelah setidaknya 180 kelompok hak asasi manusia internasional sejak awal tahun ini telah menandatangani pernyataan bersama.

Beberapa kelompok bahkan menyebut Olimpiade Beijing sebagai 'Genocide Games' dengan mengacu pada kamp-kamp di Xinjiang, tempat berjuta muslim Uighur yang ditahan seperti kamp konsentrasi Nazi-Jerman di mana jutaan lawan politik diktator Jerman Adolf Hitler dan orang-orang Yahudi ditahan atau dibunuh antara tahun 1933 dan 1945.

Baca juga: Mahasiswa Minta KOI dan DPR Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing