Kopi Arabika Jambi Jadi yang Terbaik di Kontes Spesialti Indonesia

Kopi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kontes Kopi Spesialti Indonesia 2021 (KKSI) sudah merampungkan babak finalnya yang diselenggarakan pada 21-22 Oktober 2021. Kopi Arabica asal Jambi jadi salah satu pemenang dari tiga kategori juara dalam kontes tersebut.

Situasi Makin Gawat, Israel Targetkan Serang Wilayah Nuklir Iran di Kota Isfahan

Ketua panitia KKSI, Pranoto Soenarto, menjelaskan kontes kali ini adalah yang ke-13. Ia bilang tahun ini, kontes juga diselenggarakan secara virtual karena masih situasi pandemi COVID-19.

Menurutnya, kopi-kopi yang menjadi juara memiliki kualitas prima dan pantas dibanggakan. Bagi dia, produk kopi lokal khas Indonesia tetap memiliki keragaman dan khas.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Ia menekankan, sebagai negara produsen kopi, Indonesia punya perbedaan yang khas. Ciri khas itu menurutnya tidak dimiliki negara penghasil kopi lainnya. 

"Kopi di Indonesia dihasilkan dari berbagai daerah yang memiliki karakteristik tata ruang tempat tanam kopi yang berbeda-beda. Belum lagi cara memproses kopi yang dari satu daerah dengan daerah lain memiliki kekhasan," kata Pranoto, dalam keterangannya, Sabtu, 23 Oktober 2021.

8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia

Pemenang kontes kopi spesialti Indonesia 2021

Photo :
  • Istimewa

Dia menambahkan selama ini, kopi Indonesia punya keunggulan baik dari fisik maupun citarasa yang dihasilkan. Maka itu, ia menyampaikan pentingnya kaidah-kaidah mulai dari budidaya yang baik, cara memetik buah kopi, hingga mengolah buah kopi. 

Pun, Pranoto menceritakan, KKSI sebagai ajang yang sudah digulirkan sejak 2008 oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) bersama Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI).

"Maksud untuk mendorong gairah para petani (produsen kopi) menghasilkan kopi-kopi yang berkualitas lebih baik sehingga harga kopi dapat terdorong meningkat," jelas Pranoto. 

Kemudian, ia merincikan untuk kontes tahun ini, ada sebanyak 482 peserta ke dalam kompetisi. Seleksi pengumpulan biji kopinya berlangsung mulai 13 Agustus 2021 hingga 25 September 2021. 

Dia menambahkan, dewan juri dalam kontes tahun ini antara lain Cahya Ismayadi, Dwi Nugroho dari Puslit Kopi dan Kakao Jember. Selain itu, ada dirinya lalu Shunta Baba (Jepang), Mirella Chielek (Jerman), Johann Paul (Belanda), Kazuya Ujimori (Singapura) serta Paulina Kwarek (Polandia). 

Untuk daftar pemenang yakni kopi robusta diraih Martina Rinasih asal Jambu Semarang Jawa tengah dengan penilaian 88,63 poin. Lalu, jenis kopi Arabica Natural untuk juara pertama diraih Sabardi dari Ulunowih Gayo Coffe asal Bandar Bener Meriah Aceh dengan 89,25 poin. 

Kemudian, juara pertama jenis kopi Arabica Washed diraih Yanto asal Gunung Tujuh, Kerinci Jambi dengan poin 89,83.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya