Kopi Arabika Jambi Jadi yang Terbaik di Kontes Spesialti Indonesia

Kopi
Kopi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kontes Kopi Spesialti Indonesia 2021 (KKSI) sudah merampungkan babak finalnya yang diselenggarakan pada 21-22 Oktober 2021. Kopi Arabica asal Jambi jadi salah satu pemenang dari tiga kategori juara dalam kontes tersebut.

Ketua panitia KKSI, Pranoto Soenarto, menjelaskan kontes kali ini adalah yang ke-13. Ia bilang tahun ini, kontes juga diselenggarakan secara virtual karena masih situasi pandemi COVID-19.

Menurutnya, kopi-kopi yang menjadi juara memiliki kualitas prima dan pantas dibanggakan. Bagi dia, produk kopi lokal khas Indonesia tetap memiliki keragaman dan khas.

Ia menekankan, sebagai negara produsen kopi, Indonesia punya perbedaan yang khas. Ciri khas itu menurutnya tidak dimiliki negara penghasil kopi lainnya. 

"Kopi di Indonesia dihasilkan dari berbagai daerah yang memiliki karakteristik tata ruang tempat tanam kopi yang berbeda-beda. Belum lagi cara memproses kopi yang dari satu daerah dengan daerah lain memiliki kekhasan," kata Pranoto, dalam keterangannya, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Pemenang kontes kopi spesialti Indonesia 2021
Photo :
  • Istimewa

Pemenang kontes kopi spesialti Indonesia 2021

Dia menambahkan selama ini, kopi Indonesia punya keunggulan baik dari fisik maupun citarasa yang dihasilkan. Maka itu, ia menyampaikan pentingnya kaidah-kaidah mulai dari budidaya yang baik, cara memetik buah kopi, hingga mengolah buah kopi.