Cara Hasnaeni 'Wanita Emas' Majukan UMKM di Kalbar

Hasnaeni Moein alias Wanita Emas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi kunci penting dalam upaya pemulihan ekonomi. Untuk itu, pemerintah berupaya memberikan stimulus agar UMKM mampu bertahan di masa pandemi.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Selain pemerintah, elemen masyarakat juga membantu menjaga agar UMKM tidak terdampak pandemi COVID-19 yang berkepanjangan. Tokoh masyarakat, Hasnaeni, melalui Koperasi Digital bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Upaya itu dilakukan untuk memajukan UMKM di wilayah tersebut.

"Kami melakukan konsolidasi dengan pemda Kalimantan Barat. Dan koperasi kita akan bekerja sama dengan pemda," kata Hasnaeni atau akrab disapa Hasnaeni Wanita Emas (HWE) dalam keterangan tertulisnya, Minggu 24 Oktober 2021.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Memajukan UMKM semasa pandemi COVID-19, kata Hasnaeni itu sangat penting. Mengingat akibat penanganan virus corona, perekonomian masyarakat termasuk UMKM, menjadi sangat terdampak saat ini.

"Dan kita akan me-launching Emas Jek di Kalimantan Barat dan koperasi digital pungkas kita akan bekerja sama menggerakkan UMKM se-Kalimantan Barat dan bersinergi," tuturnya.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Pihaknya masih akan terus melakukan kunjungan ke daerah lainnya, guna bersinergi dengan pemerintah daerah setempat. Ini dilakukan juga dalam rangka konsolidasi Partai.

"Kita akan melakukan road show berikutnya di daerah lain. Ini provinsi yang ketiga yang kita kunjung," kata dia.

Dan berikutnya, pihaknya akan mengunjungi provinsi-provinsi lain untuk bersinergi dengan pemda setempat untuk memajukan UMKM di zaman pandemi ini. "Dan meningkatkan koperasi digital," imbuh Hasnaeni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya