Jokowi Akan Lantik Dubes Baru Hari Ini, Ada Rosan hingga Fadjroel

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • YouTube Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo segera akan melantik sejumlah nama sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBPP) Republik Indonesia di Istana Negara, hari ini, Senin 25 Oktober 2021.

Jokowi Bakal Gelar Rapat Kabinet Terbatas Bahas Dampak Konflik Iran vs Israel Hari Ini

Ada sejumlah nama dari pengusaha hingga pejabat karir. Salah satunya pengusaha yang juga mantan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. Juga ada nama mantan Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar.

Adapula Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman juga akan dilantik sebagai Dubes RI untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, yang berkedudukan di Kota Nur Sultan.

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

"Dubes (akan dilantik Presiden). Rosan (menjadi) Dubes Amerika," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Senin 25 Oktober 2021.

Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani

Photo :
  • Twitter @Kadin_Indonesia
Noel Joman Sebut Sikap Sinis Hasto ke Jokowi Merugikan PDIP dan Megawati

Selain itu juga ada nama intelektual muda Nahdlatul Ulama Zuhairi Misrawi Dubes RI untuk Tunisia, dan pejabat Kementerian Luar Negeri, Armanatha Nasir, yang akan dilantik menjadi Dubes LBPP RI untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan organisasi internasional lainnya, berkedudukan di New York.

"Dubes (dan) Ketua PPATK yang akan dilantik Presiden," ujar Heru.

Diberitakan sebelumnya berdasarkan Surat Presiden RI Nomor: R-25/Pres/06/2021, tanggal 4 Juni 2021, 33 nama Duta Besar merupakan usulan atau diajukan Presiden Jokowi yang kemudian akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di DPR. Beberapa ada yang berasal dari karir dan non-karir.

Selain Armanatha, ada pula pejabat karir dari Kementerian Luar Negeri yakni Daniel Tumpal S. Simanjuntak, Duta Besar RI untuk Kanada merangkap International Civil Aviation Organization (ICAO) yang berkedudukan di Ottawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya