Kenang Sudi Silalahi, Zulkifli Hasan: Sosok Bersahabat dan Rendah Hati

Sudi Silalahi
Sumber :
  • Antara

VIVA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengenang mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi sebagai sosok sahabat yang baik, perhatian dan rendah hati. Ia mengaku kaget atas berita duka yang sampai padanya hari ini.

Park Boram Meninggal di Usia 30, Begini Kronologinya

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Dini hari ini saya dikejutkan oleh berita meninggalnya sahabat baik, kolega, dan teman seperjuangan saya, Letnan Jendral TNI (Purn) Sudi Silalahi (Sekretaris Kabinet di era SBY-JK dan Mensesneg di Era SBY-Boediono). Semoga Allah mengampuni beliau dan menempatkan tempat terbaik di sisiNya," ujar Zulkifli, Selasa 26 Oktober 2021.

Mantan Ketua MPR ini mengatakan, Sudi Silalahi adalah sahabat yang baik, perhatian dan rendah hati. Soal dedikasi Sudi Silalahi untuk NKRI, Zulkifli menegaskan itu tak perlu diragukan lagi.

Geger, Zuardi Ditemukan Tewas Terkunci dalam Freezer Mobil Es Krim di Lebaran Hari Kedua

"Pak Sudi adalah orang yang penuh persahabatan, perhatian dan rendah hati, dengan dedikasi yang tak perlu diragukan lagi untuk NKRI. Kita semua patut merasa kehilangan atas kepergian beliau. Kita doakan beliau husnul khotimah," kata dia.

Sudi Silalahi dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Photo :
  • Antara/ Widodo S Jusuf
Babe Cabita Meninggal Dunia, Oki Rengga: Janji Gak Nangis Tapi Ternyata Tidak Bisa

Zulkifli juga bercerita kabar ini seolah tiba-tiba, karena tanpa ada kabar sakit sebelumnya. 10 hari sebelumnya, Zulkifli masih berkirim pesan singkat dengan Sudi Silalahi.

"Baru sekitar 10 hari lalu saat saya masih di Amerika Serikat, kami saling berkirim WA. Beliau mengirimkan foto-foto saya bersama Imam Shamsi Ali yang saya temui di New York, rupanya Pak Sudi mendapatkan foto itu dari Facebook," katanya. 

"Berawal dari situ, kami pun mengobrol, saling mengunkapkan kekangenan. “Kapan kita ketemu dan ngopi-ngopi, Pak?” Ajak saya. Pak Sudi pun mengiyakan dan kami berjanji untuk mencari waktu bersama. Di WA itu banyak yang kami diskusikan, Pak Sudi punya concern yang besar tentang situasi terkini bangsa dan negara," kata dia. 

Sekitar seminggu yang lalu, Zulkifli mengatakan masih berkirim pesan dengan Almarhum.

"Pak Sudi bercerita bahwa pohon-pohon yang pernah saya berikan untuknya sekarang sudah tumbuh besar. ‘Pohon yang waktu itu, sekarang sudah gede-gede, Pak Zul.’ Ceritanya. Waktu saya masih menjabat Menhut (Menteri Kehutanan), saya ingat memberi beberapa bibit pohon untuk Pak Sudi," katanya.

Namun, pagi ini, Zulkifli mengatakan, dapat pesan yang mengejutkan saat ia dalam perjalanan menuju Lampung. "Tapi kali ini tidak darinya langsung. Kerabat dan kolega mengabarkan bahwa beliau wafat, tentu saya terkejut sekaligus sangat kehilangan. Saya berdoa dari hati terdalam semoga beliau wafat dalam keadaan Husnul Khotimah. Saya bersaksi beliau orang yang baik," katanya.

"Allahummaggirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu. Selamat jalan Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi. Belasungkawa saya sampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya