PTDI Kirim Satu Pesawat Angkut Pasukan ke TNI AU

Pesawat NC212i Troop Transport Buatan PTDI untuk TNI AU
Sumber :
  • VIVA/ Adi Suparman

VIVA – PT Dirgantara Indonesia (DI) kembali mengirimkan satu unit pesawat NC212i Troop Transport pesanan Kementrian Pertahanan (Kemenhan), untuk pemenuhan tugas operasi TNI Angkatan Udara.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Pada pengiriman kedua ini, pesawat lepas landas dari Hanggar Delivery Center PT DI Bandung, menuju Skadron Udara 4, Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

"Pagi ini kita mengirimkan lagi satu pesawat NC212i untuk dioperasikan TNI AU. Pesawat kedua dengan konfigurasi Troop Transport ini diharapkan dapat membantu pemenuhan tugas dan operasi TNI AU, khususnya dalam keterlibatannya menjaga wilayah NKRI di situasi pandemi seperti ini," ujar Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro, Selasa 26 Oktober 2021.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Pesawat dengan tail number AX-2127 ini, merupakan pengiriman lanjutan dari kontrak pengadaan sebanyak sembilan unit pesawat NC212i oleh Kementerian Pertahanan RI untuk end user TNI Angkatan Udara. Dimana pesawat sebelumnya telah dikirimkan pada 26 Januari 2021, sedangkan untuk pesawat ketiga rencananya akan diselesaikan dan dikirimkan pada akhir tahun 2021. 

Pesawat NC212i Troop Transport Buatan PTDI untuk TNI AU

Photo :
  • VIVA/ Adi Suparman
Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Masih Ada Jenis Pesawat yang Dipesan

Sebagaimana kesepakatan kontrak dengan Kementerian Pertahanan RI, sebanyak 4 (empat) unit pesawat adalah dengan konfigurasi Troop Transport, 4 (empat) unit lainnya dengan konfigurasi Rain Making, dan 1 (satu) unit sisanya dengan konfigurasi Navigation Training.

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Seperti diketahui, sejak 2014, PT DI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i dan hingga saat ini terhitung sebanyak 118 unit pesawat NC212i series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer. Baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 602 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya