Hujan Angin Iringi Pemakaman Sudi Silalahi

Pemakaman Sudi Silalahi dilakukan secara militer di TMP Kalibata
Sumber :
  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

VIVA – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dengan upacara kenegaraan. 

Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Rampung Juli

Jenazah Silalahi tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 13.00 WIB. Bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan kemiliteran, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD

Dari pantauan VIVA di lokasi, hujan disertai angin saat proses pemakaman jenazah Sudin Silalahi. Tampak di tenda terlihat Mantan Presiden Republik Indonesia ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Hasto PDIP Sebut Ganjar-Mahfud Bakal Ketemu Megawati Pekan Depan

Pemakaman Sudi Silalahi dilakukan secara militer di TMP Kalibata

Photo :
  • VIVA / Vicky Fazri (Jakarta)

Tembakan salvo dari prajurit TNI melepas kepergian penerima tanda kehormatan tersebut. Kemudian peti jenazah diturunkan ke bawah liang lahat, sambil terbentang bendera Merah Putih. 

Prabowo Silaturahmi Lebaran ke SBY di Cikeas: Datang ke Senior

Sebelumnya diberitakan, Sudi Silalahi meninggal dunia. Almarhum meninggal di RSPAD pada Senin malam, 25 Oktober 2021 karena sakit.

"Telah meninggal dunia Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi pada hari Senin, tanggal 25 Oktober  2021 pukul 23.23 WIB di RSPAD. Karena Sakit," demikian keterangan yang diterima redaksi VIVA, Selasa 26 Oktober 2021.

Sudi Silalahi lahir di Pematang Siantar, 13 Juli 1949. Almarhum meninggal di usia 72 tahun. Mendiang merupakan Mensesneg periode 2009-2014. 

Kabar duka ini juga disampaikan oleh menantu SBY, Annisa Pohan lewat akun Twitternya. Annisa menyampaikan duka cita yang mendalam

"Innalillahi Wainna illaihi Roji'un turut Berduka Cita atas wafatnya Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi “Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fuanhu" Semoga husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran," ujar Annisa.

Dalam perjalanan karir militernya, Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi tercatat pernah menjabat sejumlah posisi strategis. Pria lulusan Akabri tahun 1972 itu tercatat pernah menjabat sebagai Wakil Assospol Kasospol ABRI pada tahun 1996-1997. Kemudian, di masa gerakan reformasi tahun 1998, Letjen TNI Sudi Silalahi sempat menjabat sebagai Kepala Staf Kodam Jaya. Selang beberapa lama, pada  bulan Oktober tahun 1998, dia langsung dipercaya untuk menduduki posisi Askomsos Kaster ABRI.

Karir militer pria kelahiran Pematang Siantar tahun 1949 itu tidak berhenti sampai di situ. Pada Tahun 1999, dia semakin melesat dan memegang tongkat komando di wilayah Jawa Timur sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

Usai menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya, pada bulan Oktober 2021, Letjen TNI Sudi Silalahi mendapatkan tugas khusus untuk menjabat sebagai Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menkopolkam RI) mendampingi Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono yang saat itu ditunjuk sebagai Menkopolhukam RI oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya