Perjalanan Spiritual Sukmawati Soekarnoputri Pindah Islam ke Hindu

Sukmawati Sukarno membersihkan diri sebelum upacara Sudi Wadani
Sukmawati Sukarno membersihkan diri sebelum upacara Sudi Wadani
Sumber :
  • Ist

VIVA – Putri proklamator Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri sudah menjalani prosesi masuk agama Hindu. Prosesi pindah agama dari Islam ke Hindu itu berlangsung di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Bali, Selasa 26 Oktober 2021. Sukmawati pindah agama pada usia genap 70 tahun.

Usai menjalani proses pindah agama ini, Sukmawati mengemukakan alasan untuk mengikuti agama leluhurnya dan mengapa baru sekarang. Dia menjabarkan secara jelas.

“Mengalir saja bagaimana berprosesnya, tapi terutama kan ibu sejak lahir ditiupkan islam di kuping. Orangtua ibu itu agama islam dan beliau mengarahkan bagaimana sejarah dan ajaran islam yang baik, bijaksana kan begitu. Tapi ibu juga berusaha memahami islam walaupun bagi ibu yang paling penting itu bukan menjadi suci tapi menjadi orang baik menjadi masyarakat,” ujar Sukmawati di Bali.

“Saya bukan mau menjadi pemuka agama enggak, semampunya lah, saya ahli pakar di seni budaya, untuk di agama saya tidak terlalu mendalami untuk menjadi penutur,” kata Sukmawati.

Sukmawati Sukarno menggelar konferensi pers usai ritual pindah agama Hindu
Photo :
  • Ist

Sukmawati Sukarno menggelar konferensi pers usai ritual pindah agama Hindu

Jauh sebelum prosesi pindah agama ini terjadi, Sukmawati juga sudah memberitahu anak dan keluarganya. Dia menjelaskan bagaimana silsilah agama Hindu ada di kehidupannya keluarga besarnya. 

“Jadi saya bilang dulu ke Arya. Ya, ini kan Oktober usia ibu sudah mencapai 70 tahun, keknya udah waktunya kembali ke agama leluhur, ke eyang putri. Karena kalau eyang putri itu ya dari Hindu Bali kemudian suaminya Jawa dan bukan penduduk bali dan beliau ikut suami, islam kejawen lah,” kata Sukmawati.