Perjalanan Spiritual Sukmawati Soekarnoputri Pindah Islam ke Hindu

Sukmawati Sukarno membersihkan diri sebelum upacara Sudi Wadani
Sumber :
  • Ist

VIVA – Putri proklamator Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri sudah menjalani prosesi masuk agama Hindu. Prosesi pindah agama dari Islam ke Hindu itu berlangsung di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Bali, Selasa 26 Oktober 2021. Sukmawati pindah agama pada usia genap 70 tahun.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Usai menjalani proses pindah agama ini, Sukmawati mengemukakan alasan untuk mengikuti agama leluhurnya dan mengapa baru sekarang. Dia menjabarkan secara jelas.

“Mengalir saja bagaimana berprosesnya, tapi terutama kan ibu sejak lahir ditiupkan islam di kuping. Orangtua ibu itu agama islam dan beliau mengarahkan bagaimana sejarah dan ajaran islam yang baik, bijaksana kan begitu. Tapi ibu juga berusaha memahami islam walaupun bagi ibu yang paling penting itu bukan menjadi suci tapi menjadi orang baik menjadi masyarakat,” ujar Sukmawati di Bali.

Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

“Saya bukan mau menjadi pemuka agama enggak, semampunya lah, saya ahli pakar di seni budaya, untuk di agama saya tidak terlalu mendalami untuk menjadi penutur,” kata Sukmawati.

Sukmawati Sukarno menggelar konferensi pers usai ritual pindah agama Hindu

Photo :
  • Ist
Alvin Lim Kecam Pendeta Gilbert Lumoindong yang Singgung Zakat dan Salat

Jauh sebelum prosesi pindah agama ini terjadi, Sukmawati juga sudah memberitahu anak dan keluarganya. Dia menjelaskan bagaimana silsilah agama Hindu ada di kehidupannya keluarga besarnya. 

“Jadi saya bilang dulu ke Arya. Ya, ini kan Oktober usia ibu sudah mencapai 70 tahun, keknya udah waktunya kembali ke agama leluhur, ke eyang putri. Karena kalau eyang putri itu ya dari Hindu Bali kemudian suaminya Jawa dan bukan penduduk bali dan beliau ikut suami, islam kejawen lah,” kata Sukmawati.

“Setelah itu saya berkewajiban memberi tahu ke saudara-saudara terutama dulu ke saudara-saudara, pertama ke mas Guntur, abang saya. Mas, saya mau pindah agama lah jadi Hindu. Kemudian kepada Guruh, saya juga bilang. Ya silahkan saja, semua sih bilang silahkan saja. Itu kan piliihan pribadi masing-masing. Kemudian, anak dulu. Anak-anak bertiga, ya silahkan aja kalau ibu mau pindah agama hindu, kita dukung maunya ibu, jadi terserah ibu, jadi penolakan tidak ada,” ucap Sukmawati.

Sebelumnya diberitakan, Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual berpindah keyakinan dari Islam ke Hindu. Upacara ritual tersebut akan digelar pada hari ini Selasa, 26 Oktober 2021 tepat saat Sukmawati berusia 70 tahun.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Soekarno Center di Bali Arya Wedakarna. Menurut Arya, ritual berpindah keyakinan akan dilangsungkan di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Bali.

"Dalam agama Hindu disebut Sudhi Wadani. Jadi, semacam pembacaan kalimat syahadat," kata dia saat dikonfirmasi, Sabtu kemarin, 23 Oktober 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya