Puji Tito, Menteri Singapura: Kontribusi Ciptakan Keamanan Kawasan

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dinilai pernah punya peran luar biasa dalam membantu menciptaan keamanan kawasan. Peran ini dimaksud saat Tito menjabat Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror hingga Kapolri.

Pujian itu disampaikan Menteri Pendidikan Singapura, Chan Chun Sing. Menurut Chan, peran Tito ikut memberikan keamanan kawasan sehingga Singapura ikut merasakan dampak positif.

"Apa yang telah disumbangkan Bapak Tito sungguh luar biasa termasuk bagi Singapura," kata Chan, dalam dalam keterangannya yang dikutip pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Mendagri Tito Karnavian.

Mendagri Tito Karnavian.

Photo :
  • Istimewa

Chan mengatakan keberhasilan Tito saat bertugas menangani terorisme di Indonesia. Bagi dia, eks Kapolda Metro itu berhasil memimpin Densus 88, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan juga saat menjabat Kapolri.

Maka itu, untuk menghargai Tito, Nanyang Technological University (NTU), Singapura, memberikan penghargaan. Untuk diketahui, Tito meraih gelar doktor di NTU pada 2013. Tito saat itu lulus dengan predikat magna cum laude.

Penghargaan itu juga sebagai ganjaran atas prestasi Tito yang notabene alumni NTU. Adapun penghargaan alumni terhormat itu langsung diserahkan Menteri Pendidikan Singapura, Chan Chun Sing.