Resmi Memeluk Hindu, Sukmawati: Saatnya Kembali ke Agama Leluhur

Sukmawati Sukarno membersihkan diri sebelum upacara Sudi Wadani
Sumber :
  • Ist

VIVA – Salah satu putri Presiden pertama RI Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri resmi memeluk agama Hindu. Ritual prosesi dilakukan pada Selasa 26 Oktober 2021.

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Dia pindah agama di umur 70 tahun. Lalu, mengapa baru diumur tersebut? Sukmawati sendiri mengaku tidak ada alasan tertentu. Hal tersebut dikatakannya mengalir saja.

"Ibu kan mengalir saja bagaimana berprosesnya," kata dia di Bali.

Kemnaker Berikan Beasiswa Pendidikan Wujud Kepedulian Generasi Penerus Bangsa

Sukmawati menjelaskan, kalau sejak kecil dia sudah diajari agama Islam. Dirinya pun mempelajarinya dengan tekun. Sukmawati berupaya agar menjadi umat muslim yang benar.

"Tapi, ibu juga berusaha memahami Islam walaupun bagi ibu yang paling penting itu bukan menjadi suci, tapi menjadi orang baik menjadi masyarakat," katanya.

Menteri PPPA Bantah Tudingan soal Kasus Perundungan di Pesantren Meningkat

Menurut dia, saat masih kecil tentu seorang anak akan ikut dengan orangtua. Termasuk soal memeluk keyakinan.

"Artinya ada toleransi yang mendalam karena paling tidak waktu orangtua saya hidup itu pasti akan terkejut mereka, akan tersinggung, saya enggak mau itu. Jadi belum terpikirlah, karena suatu penghormatan kepada orangtua jadi, tidak kepikir walaupun agama Hindu sudah banyak ibu pelajari, menari gading," ungkapnya. 

"Saya juga punya suami Islam, jadi saya pun hormat dan toleransi kepada suami yang juga berusaha memberi pengetahuan Islam kepada ibu," katanya.

Sukmawati Sukarno membersihkan diri sebelum upacara Sudi Wadani

Photo :
  • ist

Lebih lanjut Sukmawati mengatakan ia berpikir memang sudah waktunya dia kembali ke agama Hindu. 

"Jadi, kurang lebihnya setelah tidak terikat dengan orang-orang dekat yang Islam, kemudian ibu lebih mendalami Hindu kemudian ibu pikir sudah waktunya proses ini, ibu kembali ke agama leluhur," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya