Kapal Polairud Diterjunkan untuk Vaksinasi Warga Terisolir di Jambi

Vaksinasi warga terisolir di Jambi.
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)

VIVA – Direktorat Polairud Polda Jambi langsung turun melakukan vaksinasi kepada masyarakat dengan sejumlah armada kapal. Hal ini dilakukan demi mencegah penularan COVID-19 khususnya di perkampungan desa sepanjang pinggiran sungai Jambi yang terisolir.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

Vaksinasi warga terisolir itu dilakukan di tiga desa yaitu Desa Londerang, Desa Loundrang dan Desa Rantau Panjang, Kabupaten Muaro Jambi. Masyarakat yang mengetahui adanya vaksin langsung antusias mengikuti kegiatan itu.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang datang langsung ke lokasi mengatakan, vaksinasi massal yang sudah dilakukan di tiga desa itu mencapai 40 persen. Jumlah penduduk di tiga desa itu mencapai ribuan orang. 

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

"Desa kita telusuri tidak memiliki jalur untuk ke Kota Muaro Jambi, sehingga jalur satu-satunya adalah jalur air dan Direktorat Polairud melakukan vaksin kepada masyarakat menyediakan 1.000 dosis dan Kita akan laksanakan untuk dosis kedua di pekan depan," ujarnya Rabu, 27 Oktober 2021.

Vaksinasi warga terisolir di Jambi.

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)
Dokter Anak Internasional Gelar Workshop Champion Imunisasi, Ini Manfaatnya untuk Anak Indonesia

Baca juga: Kembali Hadapi Gugatan PKPU, Dirut Garuda Indonesia Buka Suara

Rachmad menyebutkan, ketika situasi terburuk melonjak, imunitas masyarakat tentunya sudah terbentuk melalui vaksinasi. Dia yakin tidak ada lagi masyarakat yang sakit. “Juga sudah banyak ulama yang menerima vaksin. Sehingga masyarakat tidak usah ragu-ragu untuk di vaksin, baik itu dari TNI, Polri maupun dari Pemerintah Jambi,” katanya.

Ia mengakui, pandemi COVID-19 memang sudah mereda tetapi semua masyarakat harus tetap waspada. “Jangan sampai nanti melonjak dan saya mengimbau kepada masyarakat tidak usah ragu untuk divaksin," katanya.

Direktur Polairud Polda Jambi, Kombes Pol Pahorian Lumban Gaol saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya melakukan vaksin kepada masyarakat yang memang sangat terisolir atau sulit menjangkau melalui darat. Sehingga Polairud langsung menyisir masyarakat pakai kapal melalui tepian sungai.

"Rata-rata yang di vaksin tersebut anak sekolah, remaja, orang tua dan lansia yang disuntik vaksin langsung di dalam kapal Polairud," katanya.

Terkait vaksinasi masyarakat terisolir, dia berharap agar semuanya sehat dan jauh dari penyakit COVID-19. Setelah vaksin, dia yakini ini bisa menimbulkan imunitas baik. Polairud disebut akan gencar melakukan vaksinasi masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai terpanjang di Jambi itu.

"Sekali lagi, saya sampaikan kepada masyarakat jangan ragu dan jangan takut untuk divaksin demi kesehatan kita bersama dan terhindar dari gejala COVID-19," katanya.

Ditpolairud Polda Jambi melakukan vaksinasi kepada masyarakat desa terisolir di pinggiran sungai terpanjang di Jambi. Vaksinasi tersebut dikerjakan langsung oleh Biddokkes dan jajaran anggota Ditpolairud Polda Jambi. Turut hadir Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya