Generasi Muda: Pemerintah Harus Tanggungjawab Atasi Perubahan Iklim

Survei Indikator tentang perubahan iklim
Survei Indikator tentang perubahan iklim
Sumber :
  • Rochimawati/VIVA.co.id

VIVA – Isu perubahan iklim merupakan salah satu tantangan paling besar yang dihadapi saat ini dan juga di masa depan. Dampak perubahan iklim semakin dirasakan, oleh karenanya perlu upaya bersama termasuk generasi muda untuk ikut mengendalikan perubahan iklim.

Menjelang momentum 92 tahun Sumpah Pemuda dan COP26 Glasgow, Skotlandia, Indikator Politik Indonesia dan Yayasan Indonesia Cerah (CERAH)melakukan survei yang menyasar responden anak muda berusia 17-35 tahun. 

Sampel berasal dari seluruh provinsi di Indonesia yang terdistribusi secara proporsional dan mewakili lebih dari 80 juta penduduk pada Pemilu 2024. Hasil menunjukkan, 82 persen responden memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap isu perubahan iklim. 

Survei dilakukan secara tatap muka dengan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel yang mencapai sebanyak 4.020 responden terdiri atas 3.216 responden usia 17-26 tahun dan 804 responden usia 27-35 tahun. 

"Survei ini adalah survei pemuda paling masif yang pernah ada di Indonesia. Dan cukup mengejutkan ternyata generasi Z sangat peduli akan perubahan iklim, bahkan lebih tinggi dari generasi milenial," kata Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, saat konferensi pers, Rabu, 27 Oktober 2021.

Ia menambahkan, sangat penting memotret pendapat dan memetakan isu perubahan iklim dan politik anak muda. Jika politisi dapat menyerap aspirasi anak muda, maka demokrasi Indonesia akan membaik. 

”Harapan kami, hasil survei ini dapat membuka mata para politisi dan pengambil kebijakan dan menjadi bukti bahwa krisis iklim perlu menjadi agenda politik utama di Indonesia sebagaimana krisis iklim menjadi isu politik di berbagai negara besar di dunia,” kata Adhityani Putri, Direktur Eksekutif CERAH di acara yang sama.