2 Guru Besar USU Masuk Daftar Ilmuwan Berpengaruh di Dunia

Ilustrasi penelitian.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Prylaler

VIVA – Dua guru besar Universitas Sumatera Utara (USU) yakni Prof Eng Himsar Ambarita dan Prof Mahyuddin berhasil masuk daftar 2 persen ilmuwan berpengaruh di dunia. Kabar gembira ini merujuk data Elsevier BV dan Stanford University.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

Rilis update database per 20 Oktober 2021 itu memuat 58 ilmuwan berafiliasi Indonesia yang masuk daftar dalam kategori single year. Prof Eng Himsar Ambarita merupakan salah seorang Guru Besar dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik USU menduduki posisi ke-44 dalam daftar tersebut. 

Pun, Prof Mahyuddin yang juga merupakan Guru Besar USU dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-IT) berada di urutan 58.

PBB Harus Usir Israel dari Gaza jika Tak Patuhi Resolusi Gencatan Senjata, Menurut PKS

Ilustrasi penelitian.

Photo :
  • Pixabay/Herney

Dengan data tersebut, Prof Himsar Ambarita mengaku bersyukur dan termotivasi untuk melakukan lebih banyak riset yang bermanfaat. Khususnya riset berbasis teknologi yang memiliki kontribusi dalam memudahkan manusia untuk menjalani fungsi sosial dan ekonomi. 

Ilmuwan Selangkah Lagi Menemukan Alien

"Saya berharap di tahun-tahun mendatang akan semakin banyak dosen USU yang berhasil masuk dalam daftar ini, serta memberikan pengaruh signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Himsar, Kamis 28 Oktober 2021.

Sementara, Rektor USU Muryanto Amin, berharap dosen USU yang masuk 2 persen ilmuwan paling berpengaruh dunia itu bisa membuka pintu lebih lebar bagi USU untuk mencapai tujuannya sebagai perguruan tinggi berstandar internasional.

“Saya mengucapkan selamat kepada dua orang dosen USU tersebut dan berterima kasih atas seluruh dedikasi dan kontribusi yang diberikan terhadap kemajuan iptek sekaligus mendorong kemajuan USU ke kancah internasional," jelas Muryanto.

Muryanto mengucapkan selamat kepada dua guru besar USU itu. Ia menekankan kabar baik ini semoga jadi spirit untuk menunjukkan prestasi terbaik mengharumkan nama USU. Baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Sehingga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan reputasi USU di pemeringkatan internasional,” tutur Muryanto.

Untuk diketahui, Prof Himsar Ambarita dan Prof Mahyuddin, banyak melakukan kegiatan riset dan inovasi. Hasil riset itu dianggap Elsevier-Stanford University memiliki kualitas yang sangat baik. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya