KKB Bakar Kawasan Bandara Sugapa, Kantor AirNav Dipastikan Aman

Kantor AirNav Unit Bilorai, di Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

VIVA – Pasca insiden di kawasan Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Jumat, 29 Oktober 2021, AirNav Indonesia dibantu oleh pihak keamanan telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di kantor Unit Bilorai pada Sabtu, 30 Oktober 2021 pagi waktu setempat.

Perubahan Kebijakan dan Ketegasan Pemerintah Diperlukan untuk Tumpas OPM, Menurut Pengamat

Manager Hubungan Masyarakat AirNav Indonesia, Yohanes Harry Douglas Sirait menjelaskan dari hasil pemeriksaan menyatakan bahwa kantor AirNav Bilorai beserta seluruh fasilitas dan peralatan navigasi dalam kondisi baik dan tidak terdampak oleh insiden tersebut. 

"Kebakaran yang terpantau di lokasi sekitar Bandara Sugapa dialami oleh beberapa bangunan rumah, kios, dan kendaraan yang berada di dekat bangunan kantor AirNav Bilorai,” ujar Yohanes dalam siaran persnya, Sabtu 30 Oktober 2021.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Baca juga: Andi Arief: Hasto Gagal ke DPR Tiba-tiba Jadi Sekjen, Lihai Menjilat

Ia mengatakan, sebagai tindak antisipasi, sebagian fasilitas (radio komunikasi dan peralatan navigasi penunjang lainnya) telah dievakuasi ke Polsek Sugapa sampai kondisi di kawasan tersebut kembali normal.

Penembakan di Bandara Internasional Kuala Lumpur: Bodyguard Luka Parah, Pelaku Kabur

Sementara seluruh personel AirNav Bilorai yang mengungsi di gereja juga telah dievakuasi ke Polsek Sugapa, dan direncanakan akan dievakuasi lebih lanjut meninggalkan daerah Intan Jaya menuju Nabire/Timika pada kesempatan pertama.

AirNav Indonesia telah menerbitkan NOTAM terkait, di antaranya:

- *NOTAM C1184/21* (29 Oktober 2021 22.00Z - 01 November 2021 05.00Z) tentang *penutupan Bandara Sugapa dikarenakan alasan keamanan kecuali untuk penerbangan darurat*, dan

- *NOTAM C1185/21* (29 Oktober 2021 22.00Z - 29 November 2021 05.00Z) tentang *pengoperasian Prosedur TIBA bagi seluruh operasional penerbangan di Bandara Sugapa.

Kantor Airnav dibakar KKB

Photo :
  • ANTARA

Lebih lanjut, Yohanes mengatakan, karena tidak dilakukan penutupan total untuk operasional penerbangann, pihak aparat sejauh ini belum rekomendasi adanya penerbangan yang melakukan pendaratan di Bandara Sugapa sebagai bentuk antisipasi terkait kondisi keamanan di wilayah tersebut.

Ia menambahkan, AirNav Cabang Nabire akan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholder penerbangan setempat dalam menghimpun update berita untuk disampaikan lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan kantor Airnav sugapa dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) dengan fasilitas lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya