Viral Video Hujan Hanya Guyur 1 Mobil di Area Parkiran, Ini Kata BMKG

Viral Fenomena Hujan Hanya Guyur 1 Mobil di Parkiran (Instagram/fakta.indo)
Sumber :

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) turut menanggapi viralnya video hujan turun hanya di atas kap mobil yang tengah terparkir. Menurut BMKG, hal tersebut belum bisa dikategorikan hujan lokal, lantaran karekteristiknya tak terlihat dalam video tersebut.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

“Kalaupun terjadi hujan lokal dengan hujan yang disebabkan dengan awan kumulonimbus yang cukup lokal Biasanya karakteristiknya pada satu sisi hujannya ringan hingga sedang dan sisi lain itu lebih lebat yang karakteristik ini tidak terlihat dari fenomena yang terlihat dalam video tersebut,” kata Sefri Ayuliana, Forecaster BMKG dikutip dari tvonenews.com, Selasa, 2 November 2021.

Sefri menambahkan, ada beberapa hal yang menjadi catatan BMKG perihal video viral tersebut, seperti situasi lokasi yang terlihat hujan telah berhenti, kemudian intensitas hujan yang tak terlihat lantaran video yang cukup singkat, serta tak terlihat pergerakan angin, sebab karakteristik awan komulonimbus mengikuti pergerakan angina.

Viral Jeam Kelly Sroyer Dikeplak Shin Tae-yong, Ternyata Gegara Ini

“Hal yang kedua karena karakteristik kedua yang bisa kita lihat adalah awan kumulonimbus biasanya mengikuti pergerakan angin dan karena mengikuti pergerakan angin sulit terjadi dalam skala lokal yang cukup lama,” tambahnya.

Selain itu, tak terlihat tutupan awan layaknya ciri-ciri hujan lokal secara ilmiah, karena hujan yang telah berhenti membuat sulit terbentuknya awan kumulonimbus, sehingga perlu dilihat secara keseluruhan lokasi tersebut tak hanya yang tertangkap di kamera saja.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

“Pada video itu terlihat bahwa keadaan itu seperti habis hujan dan keadaan seperti itu susah. Untuk awan kumulonimbus, tumbuh dalam keadaan seperti itu Jadi kita sebenarnya harus melihat lebih jauh fenomena tersebut, apakah benar itu adalah kejadian hujan atau bukan jadi kita harus melihat ke sekelilingnya bukan hanya pada satu sisi yang ditampilkan pada video itu. Kemudian juga sulit untuk melihat seberapa lama hujan yang terjadi dikejadian tersebut karena videonya hanya sangat singkat,” katanya.

Jadi secara keseluruhan, lanjutnya, video viral tersebut tak bisa disimpulkan bahwa itu hujan lokal, kerena karakteristik hujan lokal lainnya terjadi dalam radius kilometer, bukan hanya beberapa meter atau luas satu mobil seperti yang terlihat di video.

Hujan Hanya Guyur 1 Mobil

Video fenomena hujan hanya guyur 1 mobil viral di media sosial. Sementara mobil lainnya tidak terkena hujan.

Video fenomena hujan hanya guyur 1 mobil itu diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo, Senin (1/11). "Fenomena aneh, hujan deras hanya mengguyur satu mobil saja di area parkir Jababeka," tulis fakta.indo pada caption unggahan videonya dikutip VIVA, Selasa, 2 November 2021.

Dalam unggahan video viral itu memperlihatkan air hujan hanya mengguyur 1 mobil yang sedang parkir di area parkiran.

Tampak mobil jenis MPV hitam yang kena hujan itu berada di tengah-tengah mobil-mobil lainnya. Sementara mobil yang berada di samping kiri dan kanannya tidak guyuran hujan.

Cipratan air terlihat jelas di atas mobil yang kena hujan ini. "Ini hujan hanya di mobil itu doang, yang lain kagak, lihat tuh, masyaallah,  luar biasa, kok bisa ya," ujar seorang pria yang merekam video ini.

Bahkan pria yang merekam video ini sempat memperlihatkan wajahnya dan dirinya juga tidak terkena hujan.

Dalam unggahan video viral ini diketahui fenomena hujan lokal ini terjadi di wilayah Jababeka, Cikarang Pusat, Jawa Barat, Minggu, 31 Oktober, sekitar pukul 12:00 WIB.

Baca juga: Viral Fenomena Hujan Hanya Guyur 1 Mobil di Area Parkiran

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya