Berobat ke AS, SBY Tanya: Ada Toko Lukisan?

Lukisan deburan ombak pantai Pacitan karya SBY
Sumber :
  • Instagram PDemorat

VIVA – Belakangan aktivitas Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di kediamannya di Cikeas Bogor, adalah melukis. Selain menyaksikan tim bola volly yang dibentuknya. Namun setelah didiagosa kanker prostat dan harus meninggalkan Tanah Air ke Amerika Serikat dalam waktu lama, SBY masih tetap melukis?

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Dalam Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengungkapkan, memang pertama kali yang ditanyakan oleh SBY saat hendak ke Amerika Serikat adalah toko lukisan.

"Yang pertama kali ditanyakan adalah kira-kira di sana ada toko cat lukis enggak ya. Jadi enggak perlu bawa cat lukis, kuas dan kanvas dari Indonesia," ujar Andi Mallarangenng, Rabu 3 November 2021.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Di AS, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu akan berobat untuk penanganan kanker prostat yang dideritanya di Mayo Clinic. Sekitar 1,5 jam perjalanan dari Minneapolis yang memang khusus untuk kanker.

Andi Mallarangeng menjelaskan, sebelum SBY dan keluarga berangkat, memang ada tim yang advance atau mendahului. Mereka sudah mensurvei bahwa di sana ada toko lukisan yang lengkap.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

"Ada toko alat-alat lukis, ada cat dan segala macam jadi Pak SBY nggak usah khawatir," kata Andi.

SBY hadir saat kongres Partai Demokrat yang menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Ketum Demokrat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

SBY Akan Lukis Winter di AS

Pengobatan kanker prostat SBY dilakukan dengan mengambil tindakan. Setelah itu, akan ada masa pemulihan. Dimasa pemulihan itu, SBY akan menghabiskan waktunya untuk melukis. Mungkin bukan lagi pantai-pantai di Tanah Air, tetapi musim gugur di Amerika Serikat.

"Proses pemulihan ini mungkin beliau bisa melukis di sana dan sudah rencana mau melukis suasana winter di AS atau musim gugur paling tidak di Amerika," katanya.

Melukis adalah salah satu cara SBY untuk mendapatkan ketenangan. Dia berharap masyarakat turut mendoakan, agar diberi kesembuhan sehingga bisa kembali ke Tanah Air dalam kondisi sehat.

"Justeru dengan melukis beliau mendapatkan kedamaian dan bisa menghadapinya dengan damai, mudah-mudahan juga dengan doa kawan-kawan, sahabat dan masyarakat itu juga insya Allah memperkuat lagi kesiapan beliau menghadapi penyakit," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya